I BERANDA I NASIONAL I INTERNASIONAL I METROPOLITAN I POLHUKAM I SOSDIKBUD I EKOBIS I SLERA I OLAHRAGA I NEWSTV I

Kamis, 05 September 2013

Masjid Raya DKI Dibangun Di Jakbar

8 Globalita.com - (5/9/2013). Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membangun masjid raya yang besar dan megah di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat. Rencananya, pembangunan masjid berkarakter Betawi akan dilaksanakan tahun ini juga. 

Saat ini, rencana pembangunan masjid tersebut sudah dalam proses rancang bangun. 'Saat ini sudah dalam proses rancang desain. Insya Allah tahun ini dimulai pembangunannya,' kata Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta.

Dikatakan Jokowi, masjid yang dibangun tersebut nantinya akan sepenuhnya menggunakan konsep bergaya khas Betawi.  'Konsep Betawi bukan konsep modern, arsiteknya, saya sampaikan untuk konsultasi ke ulama-ulama, budayawan Betawi, ke tokoh-tokoh Betawi supaya keinginan-keinginan masjid itu sesuai dengan karakter yang ada di sini,' ungkapnya.

Pihaknya, kata Jokowi, sudah menunjukkan beberapa konsep masjid di DKI Jakarta untuk dijadikan referensi pembangunannya. 'Saya sudah menunjukkan beberapa masjid tua di sini untuk dijadikan referensi,' jelasnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi yang mengenakan baju koko dan celana hitam, juga melakukan peletakan batu pertama yang menandai dimulainya pembangunan Islamic School di dalam kompleks Masjid Akbar, Kemayoran.