I BERANDA I NASIONAL I INTERNASIONAL I METROPOLITAN I POLHUKAM I SOSDIKBUD I EKOBIS I SLERA I OLAHRAGA I NEWSTV I

Rabu, 04 September 2013

 Mantan Pecandu Narkoba Dilatih Kesenian Betawi
 
8Globalita.com - Jakarta -Sekitar 100 orang warga binaan di Kelurahan Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat yang pernah menjadi pecandu narkoba diberdayakan melalui pelatihan kesenian Betawi dan keterampilan. Dengan adanya pelatihan itu diharapkan dapat mencegah keinginan untuk kembali menggunakan narkoba.

Kasie Monitoring dan Evaluasi Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN, Joko Purnomo mengatakan, dipilihnya Kampung Bali karena daerah tersebut rawan penyalahgunaan narkoba.

"Tingkat penyalahgunaan narkoba di Kampung Bali cukup tinggi. Untuk itu, generasi muda maupun warga umumnya yang berada di Kampung Bali kita latih keterampilan dan kesenian Betawi," ujarnya, Rabu (4/9).

Dengan adanya pelatihan itu, kata Joko, warga dapat menyadari bahwa narkoba merupakan zat yang berbahaya apabila disalahgunakan. Sela9in itu, lanjut Joko, generasi muda dan warga Kampung Bali dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri.

"Sudah kita sediakan kounter handphone dan modal. Yang lainnya kita berikan pelatihan kesenian Betawi. Dengan begitu, mereka dapat mengisi berbagai acara sehingga mendapatkan penghasilan dan menjauh dari narkoba," katanya.

Kegiatan itu, kata Joko, diselenggarakan pihaknya secara berkelanjutan di seluruh wilayah DKI Jakarta. Dalam waktu satu minggu ke depan, pihaknya akan menyelenggarakan kegiatan serupa di wilayah Menteng dan Kampung Ambon. "Menteng dan Kampung Ambon menjadi prioritas selanjutnya karena daerah itu rawan konflik dan narkoba," jelasnya