Rabu 24 Februari 2016 || 17 : 33 WIB
Kategori : Ekbis
Penulis : Lrd Viga
801/Ulfa
MarkPlus Gelar Festival Wow Brand – X Is Human 2016
Pertama
8GlobaliTa – Jakarta,
“BRAND-X IS HUMAN Are You In?” demikian
slogan yang diusung MarkPlus dalam rangka The 1st WOW Brand Festival
Day 2016 yang pertama dan segera digelar bulan Maret
Untuk pertama kalinya MarkPlus Inc, menggelar The 1st
WOW Brand Festival Day 2016 pada 3 Maret 2016 di Ballroom Raffles Hotel
Jakarta. Acara ini mengusung tema “Brand-X Is Human - Are You In?”. Acara ini
mendorong brand-brand pilihan dari berbagai sector industri berdasarkan hasil
riset WOW Brand yang dilakukan MarkPlus di tahun 2015 untuk bersiap membangun
fans yang akan merekomendasikan kepada teman atau keluarga dalam menghadapi era
human-centric marketing.
“Acara ini diinspirasi konsep WOW Marketing yang digagas
oleh MarkPlus Inc dan telah diadopsi mahaguru marketing Philip Kotler menjadi
sebuah buku dengan judul yang sama dan
telah diterbitkan di tahun 2014. Inti dari konsep WOW Marketing adalah
perubahan customer path di era konektivitas dari 4A yaitu “Awareness, Attitude,
Act and Act Again menjadi Awareness, Appeal, Ask, Act dan Advocate”. Untuk
membantu para pemasar mengukur brand di era konektivitas. MarkPlus Inc, juga telah
mengembangkan model WOW Brand Survey. Ada
2 alat ukur utama di model tersebut, yaitu Purchase
Action Ratio (PAR) yang mengukur berapa banyak orang yang kenal brand dan
kemudian membelinya dan Brand Advocacy Ratio (BAR) yang mengukur berapa banyak
yang kenal brand dan kemudian merekomendasikannya kepada teman atau keluarga.
Model ini telah diaplikasikan melalui survey di puluhan sector industri di
tahun 2014 dan 2015,” papar Hermawan Kartajaya, Chairman dan Founder MarkPlus
Inc, dalam press conferencenya, di kawasan Kasablanca – Jakarta, Rabu
(24/2/2016).
Menurutnya, melalui analisa tambahan lintas sector industri
terhadap 300 brand, berbasis BAR, MarkPlus Inc, telah menemukan pola
memenangkan kompetisi yang berbeda yang mesti dilakukan setiap pemain di suatu
sector industri. Intinya adalah ada tidaknya pemain yang sangat menonjol di
sector industri dan tinggi rendahnya involvement di suatu sector industri.
Melalui model WOW Brand Survey, missing link yang biasanya muncul di sebuah
brand survey mengenai bagaimana mem-follow up secara efektif dan efesien temuan
brand survey telah dikemukakan dan tentu memudahkan marketer melakukan follow
up yang bertanggung jawab.
Kini MarkPlus telah melangkah lebih lanjut dengan melakukan
antisipasi komoditisasi di era konektivitas. Para
pemain yang telah memahami dan memahami pola memenangkan kompetisi di suatu
sector industri dan memiliki nilai BAR yang tinggi, tentu ingin menaikkan atau
minimal mempertahankan nilai BAR yang tinggi tersebut. Mau tidak mau brand yang
bersangkutan mesti memperbanyak alasan untuk bisa direkomendasikan fans-nya.
Untuk membangun kesadaran brand memperbanyak alasan untuk
direkomendasikan fans-nya, MarkPlus mengajak brand di Indonesia, khususnya yang
masuk dalam daftar 300 BAR terbesar ikut terlibat dalam kampanye “brand for
good”. Sebisa mungkin brand, apalagi dalam era human centric marketing, punya
kepedulian bukan hanya mendapatkan profit yang besar tapi juga kepada people
dan planet. Kampanye “brand for good” ini telah didukung dengan sebuah talkshow
disebuah stasiun TV dan kanal Youtube.
MarkPlus Inc, selaku penyelenggara dalam Press Conference
The 1st WOW Brand Festival Day 2016 ini di buka oleh Founder and
Chairman MarkPlus Inc, Hermawan Kertajaya dan Deputy CEO MarkPlus Inc, Taufik.
Selain itu, juga hadir beberapa perwakilan dari 300 brand yang memiliki nilai
BAR tertinggi diantaranya Safe Care Aromateraphy di wakili oleh Budiarsi Widhi,
Brand Manager, PT Surabaya Indah Permai, Holisticare Ester-C diwakili oleh
Monica Katrin VP Marketing PT Indocare Citrapasific, Telkomsel & Telkomsel Flash
diwakili oleh Steve Saerang, Manager Corporate Reputation PT Telkomsel, dan
Garuda Indonesia diwakili oleh Pikri Ilhamsyah, VP Ground Service PT Garuda
Indonesia Tbk. (8globaliTa – Lrd Viga – 801 / Ulfa).
Follow beritanya di www.8globalita.com
link www.8globalita.blogspot.com
link @8globalita_801 link
@kk_viga link Facebook : Globalita Globalita.