Selasa 2 Februari 2016 || 20 : 13 WIB
Kategori : Event
Penulis : Lrd Viga
801 / Ulfa
YKAKI Kampanye Heart of Gold Berani Gundul Untuk
Anak Penderita Kanker
8GlobaliTa – Jakarta,
Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) sebagai member dari Childhood
Cancer Internasional (CCI) turut berperan serta untuk mendukung Hari Kanker
Anak Internasional 2016 (Intrnasional Childhood Cancer Day – ICCD 2016) dengan
melaksanakan kampanye bertema ‘Heart of Gold’.
Bertempat di Plaza Semanggi – Jakarta, Selasa (02/02/2016),
Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) yang didirikan pada tanggal 1
November 2006, dan merupakan yayasan yang memiliki program untuk membantu
perjuangan para orangtua mendampingi anak-anak penderita kanker dalam
pengobatan, perawatan dan pendidikannya. YKAKI mempunyai visi bahwa setiap anak
Indonesia
yang menderita kanker berhak memperoleh pengobatan dan perawatan yang
sebaik-baiknya, termasuk hak belajar dan bermain selama masa perawatan di rumah
sakit.
Sehingga merupakan misi YKAKI untuk menyediakan akomodasi
(Rumah Kita), fasilitas pendidikan (sekolah-ku), serta transportasi bagi
anak-anak yang sedang dalam pengobatan dan perawatan. Juga memberikan informasi
bagi masyarakat awam dan berbagi pengalaman dalam menangani penyakit kanker.
Saat ini YKAKI telah memiliki 9 rumah singgah yang tersebar
di 8 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali,
Manado, Makassar, dan Pekanbaru, sedang proses persiapan di Semarang dan Malang
yang di dukung oleh Alfamart. Dalam rangka mendukung Hari Kanker Anak
Internasional 2016 ini, YKAKI akan melaksanakan kampanye ‘Heart of Gold’ di 8
kota tersebut. Kampanye ‘Heart of Gold’ ini akan terdiri dari 3 segmen.
Segmen pertama, Share of Gold (2 Februari- 20 Februari 2016)
yaitu Pembagian pita emas dan himbauan masyarakat untuk mengenakan pita emas
tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap hari kanker anak internasional.
Jaringan minimarket besar di Indonesia. PT
Alfamart telah memberikan konfirmasi untuk mendukung kegiatan ini dengan
meminta seluruh karyawan Alfamart yang tersebar di Indonesia untuk mengenakan pita
emas selama periode kampanye ‘Heart of Gold’.
Segmen kedua, Ligth it Up Gold (15 Februari 2016), yaitu
seremoni penyinaran landmark dengan lampu emas di 8 kota
bersama Gubernur dan para pejabat di masing-masing kota. Llandmark yang akan disinari adalah (a)
Jakarta bertempat di Monumen Nasional, Patung Selamat Datang, Tiang Flyover
Antasari, (b) Bandung bertempat di Gedung IPDN (dalam proses), (c)Yogyakarta bertempat
di Jogja City Mall, (d) Surabaya bertempat
di Grand City Mall, (e) Manado bertempat
di Patung Yesus Memberkati, (f) Makassar bertempat di Monumen Mandala, dan (g) Pekanbaru
bertempat di Monumen Tarian Zapin
Segemen ketiga, Go Gold Festival yaitu #beranigundul (21
Februari 2016) dan Festival dengan acara utama #beranigundul yaitu potong
rambut bagi para masyarakat yang sudah mendaftarkan diri melalui
beranigundul.kitabisa.com sebagai bukti kepedulian mereka kepada anak-anak
penderita kanker dan juga para artis #beranigundul seperti (Indra Bekti,
Farhan, Imam Darto, Dimas Danang, Frans Nicholas, Oghel, Phampam, dan Conselo).
Serta akan ada penampilan dari artis ibu kota (Tantri “KOTAK”, Rini “IDOL”,
Reza Artamevia, DJ Ari, Naufal Samudra, Sunday Krunch dan Abang None).
Lokasi acara puncak ini yaitu (a) Jakarta bertempat di Lobby Utara, Plaza
Semanggi. (b) Bandung
hingga saat ini masih dalam proses. (c) Surabaya bertempat di Grand City Mall
Lantai 1, (d) Manado masih dalam proses, (e) Makassar di Mall Ratu Indah, (f) Pekanbaru
di Mall SKA Atrium Siak dan (f) Yogyakarta (14 Februari 22016) di Jogja City
Mall, Level Upper Ground (UG).
Dalam rangka mensosialisasikan kampanye ini dan juga
mengajak sebanyak mungkin masyarakat khususnya di 8 kota tersebut, YKAKI telah memproduksi
PSA yang didukung oleh beberapa public figure dan akan ditayangkan di
bioskop-bioskop 21 dan XX1 di kota-kota tersebut dan juga di LED TV di
jalan-jalan protokol yang merupakan dukungan pemerintah.
Bagi siapapun yang ingin menunjukkan kepedulian mereka,
dapat mengikuti acara #beranigundul atau menjadi fundraiser dengan cara
mendaftarkan yang sangat mudah melalui www.beranigundul.kitabisa.com
. Sponsor yang mendukung kampanye ini adalah Plaza Semanggi, PaninDai-ichiLife,
PT Alfamart Indonesia,
dan Puspita Martha.
Yayasan Kasih Anak Kanker Jogja (YKAKJ) afiliasi dari YKAKI
juga telah bekerja sama dengan kotakmedia dalam membuat Mobile Application Bloopie sebagai wadah dari
pelayanan transfusi darah yang meliputi data ketersediaan darah atau komponen
darah, data kebutuhan darah (recipient), artikel dan kegiatan (event). Adanya
data kebutuhan darah ini membantu penyaluran donor darah secara cepat dan
tepat. Bloopie ini dapat diunduh melalui Play Store pada tanggal 14 Februari
2016.
“Aplikasi Bloopie ini nantinya akan diserahkan oleh kotakmedia
untuk dikelola YKAKJ,” jelas Ketua YKAKI, Ira Soelistyo di acara peluncuran
Kampanye kegiatan YKAKI bertema “Heart of Gold” 2016 di Plaza Semanggi – Jakarta,
Selasa (02/02/2016).
“Seluruh rangkaian kampanye ‘Heart of Gold 2016’ YKAKAI ini,diharapkan
dapat meningkatkan awareness dan kepedulian dari seluruh lapisan masyarakat
terhadap anak-anak penderita kanker dan para keluarga mereka,” pungkasnya. (8GlobaliTa – Lrd Viga – 801 / Ulfa).
Follow beritanya di www.8globalita.com
link www.8globalita.blogspot.com
link @8globalita_801 link
@kk_viga link Facebook : Globalita Globalita.