I BERANDA I NASIONAL I INTERNASIONAL I METROPOLITAN I POLHUKAM I SOSDIKBUD I EKOBIS I SLERA I OLAHRAGA I NEWSTV I

Minggu, 03 November 2013

Serunya Pasar Seni Jakarta 2013 di Senayan Ala Alumni ITB


Serunya Pasar Seni Jakarta 2013 di Senayan Ala Alumni ITB
Penulis : Lrd.Khalits

8Globalita-Jakarta, Ikatan Alumni Institut Teknik Bandung (IA ITB) di Jakarta menggelar kegiatan Pasar Seni Jakarta 2013. Kegiatan ini digelar sebagai upaya untuk mengakrabkan seniman dengan masyarakat Jakarta.

Selain pembuatannya berskala besar, peserta yang dilibatkan dalam kegiatan ini juga berbeda.

"Acara diadakan oleh IA ITB di Jakarta. Ada sekitar 40 ribu anggota kami. Harapannya dengan acara ini adalah sebagai sumbangsih pikiran dan kontribusi kami terhadap masyarakat Jakarta. Salah satunya dengan menggelar pasar seni ini," kata Ketua Panitia Hendry Herman di Parkir Timur Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (3/11/2013).

Hendry menuturkan, dengan adanya acara tersebut diharapkan ada interaksi antara seniman dan masyarakat kota Jakarta khususnya.

"Ini melibatkan 48 seniman besar Indonesia. Di sini juga ada berbagai atraksi dan seni lukis, pahat dan mematung," kata Hendry.

Dijelaskan Hendry, pertunjukan seni yang mengambil tema "Jakarta Big Kampoeng" ini memiliki empat zona dari unsur kehidupan yaitu api, tanah, air dan angin. Disamping itu dihadirkan pertunjukkan cosplay.

Selain itu Hendry menyebutkan bahwa pihaknya mengharapkan agar semua warga Jakarta mendatangi acara yang berlangsung hingga 5 November ini. Sehingga, mereka bisa bisa berinteraksi dengan sesamanya.

"Kita ingin seluruh seniman  yang ada di Indonesia hadir di sini, termasuk seniman Jakarta, Jangan sampai kita kerja terus pulang ke rumah terus kerja lagi dan seterusnya tanpa ada hubungan sosial," ujar Hendry.

Hendry menuturkan, pihaknya mendukung harapan Jokowi yang akan menjadikan Jakarta menjadi kota seni dan festival. Masyarakatnya pun berbudaya. Pihaknya mengharapkan Pasar Seni Jakarta ini dapat dijadikan kegiatan tahunan.

"Agar Jakarta menjadi kota berbudaya tinggi, sesuai keinginan Pak Jokowi (Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo)," jelas Hendry.

Acara ini dibuka oleh Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta, Sylviana Murni yang mewakili Gubernur Jokowi. Hadir pula tokoh penggiat pencak silat, Mayjend (Purn) Edy Marzuki.

Acara itu dimulai sekitar pukul 09.40 WIB dengan menampilkan atraksi dari grup marching band Bhayangkari SD 1 Cilincing Jakarta Utara. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan tarian dari unsur angin, air, tanah dan api. Lalu disambung  pertunjukan pencak silat sebagai pembukaannya. (Lrd.Khalits)