Vespa Inspirasi People 2014 hadir di Jakarta
Fashion Week
Penulis : Lrd.Khalits
8Globalita-Jakarta, Vespa memiliki karakter kuat dan khas. Sebagai merek
yang sudah melegenda, Vespa tak hanya memimpin pasar otomotif, tapi juga gaya
hidup. Selaras dengan budaya positif, PT
Piaggio Indonesia, pemilik merek Vespa, menghadirkan Vespa Inspirational People
pada Jakarta Fashion Week 2014, Selasa (22/10/2013), yang saat ini sedang
berlangsung.
Inspirasi dari Vespa telah
membawa ke berbagai aspek yang jauh melampaui industry otomotif termasuk
fesyen, music, film dan seni. Vespa tak hanya sebuah merek yang sukses menjadi
legenda. Ia adalah ikon yang melansir berbagai inspirasi melintasi decade dan
sukses menciptakan budaya pop baru.
Selama lebih dari 6 dekade,
Vespa telah mendominasi segmen skuter melalui inovasi terkini pada teknologi
dan desain. Inspirasi Vespa telah menempatkan merek ini pada titik diferensiasi
tinggi, lebih dari sekedar industry otomotif.
Vespa telah sukses
melakukan transpormasi menjadi bagian dari fesyen, music, film hingga seni.
Vespa telah menciptakan tema ‘Vespa Inspirational’. Vespa telah menunjukkan
percaya pada inspirasi. Menjadi merek international dan menginspirasi orang
dari berbagai genersi dan industry.
Pada kesempatan ini, Vespa
membuktikan komitmennya dengan mempersembahkan ‘Vespa Inspirasi people’ dari
industry seni kreatif, khususnya dalam bidang fesyen dan music di panggung Jakara
Fashion Week (JFW) 2014.
Kleting Titis Wigati,
Harry Halim dan Iskandar Widjaya adalah tiga sosok terpilih dari bidang fesyen
dan musik. Melalui perhelatan ini, Vespa ingin berbagi indahnya kesuksesan
serta inspirasi yang bisa diperoleh dari pencapaian ketiga pribadi ini.
“Jakarta Fashion Week 2014
merupakan program menarik untuk menampilkan karya seni dan kreatifitas dari
ketiga Vespa Inspirational People terpilih. Inspirasi adalah awal dari
perjalanan untuk berkembang. Iskandar Widjaja, Kleting dan Harry Halim adalah
tiga sosok muda luar biasa yang memiliki karakter kuat dan khas seperti yang
dimiliki Vespa. Selain itu, mereka memiliki semangat yang tinggi untuk meraih
kesuksesan merupakan hal penting yang ingin Vespa sampaikan agar menginspirasi
masyarakat luas,” Ujar Marketing Director PT Piaggio Indonesia, Pratiwi Halim,
pada acara Jakarta Fashion Week, Selasa, (22/10/2013)
“Piaggio group percaya
pada pentingnya inspirasi. Kami yakin bahwa dengan keterbukaan hati serta
kemauan untuk bekerja keras dalam membuat perubahan positif, maka akan berbuah
kontribusi yang inspiratif bagi orang lain,” ujar Managing Director PT Piaggio
Indonesia, Marco Noto La Diega.
Kleting Titis Wigati
adalah salah satu pencetus urban
ready-to-wear melalui labelnya, KLE Dedikasi dan cinta pada dunia
fashion tercermin dalam berbagai pencapaiannya. Menjadi salah satu penerima
ESMOD’s 2001 award untuk kategori pattem-making serta interpretasi desain, hard
Rock FM Jakarta Radio’s most inspiring people under 30-year-old tahun 2008,
serta memenangkan Cleo’s Magazine & Femina Group’s Cleo Fashion Award
kategori “Young and Talented Designer” tahun 2009.
Hal yang membedakan desain
KLE adalah konsistensi dalam menciptakan koleksi berkarakter kuat, menampilkan
potongan desain terkini yang melibatkan emosi. Pada intinya, KLE memiliki ciri
khas berjiwa bebas dengan kepribadian dan kepercayaan diri yang memancarkan
kemewahan. Musim ini, KLE menghadirkan 25 tampilan Spring Summer 2014
collection, insurgency.
Harry Halim adalah Creative
Director dari Harry Halim Paris. Pria asal Pontianak ini telah berbulat tekad
untuk mencurahkan jiwa pada dunia fesyen yang dicintainya sejak usia belia.
Pada umur 21 tahun, ia telah memenangkan Best Asian Young Designer (2006) dan
Best Singapore Fashion Designer (2006) setelah menyelesaikan pendidikan dari
LaSalle, Singapore. Pada tahun 2008, ia memutuskan untuk bermukim di Paris dan
memulai merintis label Harry Halim.
Perjuangan kerasnya
berbuah hasil luar biasa. Setelah kerap melansir koleksi setiap musimnya pada
setiap Paris Fashion Week. Sejak 2010 ia tercatat sebagai fashion designer asli
Indonesia pertama yang diterima oleh Federation Francais de la couture, du
prĂȘt-a-porter des couturiers et des createurs de mode untuk menggelar koleksi
pada jadwal resmi Paris Fashion Week setiap musimnya, bersanding dengan
desainer-desainer kenamaan dunia lainnya.
Melalui karya-karya yang
bernuansa modern, dark-beauty, romantic dan sensual, tak peduli saints or
sinners, ia selalu berhasil mewujudkan imajinasi penuh provokasi dalam visi
glamor pada setiap karya. Musim kali ini, Harry Halim melansir Spring Summer
2014 collection, Vena.
Bahasa latin mengartikan
Vena sebagai urat nadi, yaitu medium terpenting dalam melakukan distrusi aliran
darah ke seluruh tubuh. Warna merah adalah palet utama untuk koleksi kali ini,
meski tidak diterjemahkan secara harafiah pada setiap tampilannya.
Iskandar Widjaja adalah
pemain biola dengan prestasi internasional dan berbasis di Berlin, Jerman. Ia
telah fasih melakukan tur berkeliling 5 Benua dan tergabung dalam orchestra
kenamaan dunia dalam menggelar konser.
Penampilan terakhirnya
adalah sebagai pembuka APEC CEO Summit 2013 di Bali, tampil bersama Hong Kong
Sinfionetta dan tampil khusus bersama Munich Philharmonic Orchestra. Penampilan
recitalnya pada Munich Gasteig dan “Rheingau Musikfestival” juga menjadi kebanggaan
tersendiri.
Iskandar Widjaja memenangkan
LOTTO promotion prize dari “Rheingau Musikfestival” 2013, yang diberikan kepada
pemain solo music terbaik yang melambangkan generasi baru dunia music klasik.
Ia juga telah menerima program soloist bersama Orpheum Foundation, Swizerland,
sebuah Orkestra paling bergengsi untuk perhelatan konser di waktu mendatang. (Lrd.Khalit)