I BERANDA I NASIONAL I INTERNASIONAL I METROPOLITAN I POLHUKAM I SOSDIKBUD I EKOBIS I SLERA I OLAHRAGA I NEWSTV I

Jumat, 30 Agustus 2013

Cegah Tiket Hilang, PT KCJ Terapkan Tiket Berjaminan Permanen
8Globalita-Jakarta, PT Kereta Api I ndonesia (KAI) Commuter Jabodetabek menegaskan Tiket Harian Berjamin (THB) akan diterapkan secara permanen, bukan sementara dengan tujuan untuk mengurangi hilangnya tiket sekaligus mengurangi jumlah tiket yang dicetak. 
"THB ini permanen, sedangkan pintu tikus, itu bukan pintu tikus saja tapi pintu gajah, akan ditutup. 90% sudah ditutup pintu itu. Saya malah tanya apakah ada solusi lain selain THB, di negara lain mahfum dilakukan," ujar Ignasius Jonan Dirut PT KAI, Selasa (27/8). 


Jonan menghimbau kepada pengguna reguler kereta Commuter Line Jabodetabek agar membeli tiket multitrip sehingga memudahkan penumpang. Selama 6 hari penerapan kartu itu sejak 22 Agustus, penjualan kartu multitrip meningkat dibandingkan dengan sebelumnya.
 
Sementara Tri Handoyo selaku Direktur Utama PT KCJ, mengatakan sebelum penerapan tiket berjamin itu, kartu single trip yang hilang mencapai 20.000 per hari atau secara akumulasi mencapai 700.000 kartu. 

Hilangnya kartu akibat penumpang masuk lewat gate in tetapi keluar tidak melalui gate out. Setelah THB diterapkan yakni dengan menambah uang jaminan Rp5.000 di mana uang tersebut bisa diambil kembali, penumpang yang tidak keluar lewat gate out tinggalkan uang jaminan 2.000. (Lrd.Khalits)