I BERANDA I NASIONAL I INTERNASIONAL I METROPOLITAN I POLHUKAM I SOSDIKBUD I EKOBIS I SLERA I OLAHRAGA I NEWSTV I

Sabtu, 19 Oktober 2013

Pertunjukkan Jakarta Fashion Week 2014



Pertunjukkan Jakarta Fashion Week 2014
Penulis : Dewa

8Globalita-Jakarta, Indonesia layak bangga karena perhelatan mode akbar Jakarta Fashion Week 2014, yang menampilkan karya-karya terbaik anak bangsa secara resmi dibuka. Mulai 19-25 Oktober 2013, di senayan City, Jakarta. Pecinta mode Indonesia dapat menyaksikan langsung ribuan busana yang menjadi acuan tren mode tahun depan. Lebih penting lagi, penyelenggaraan Jakarta Fashion Week 2014 akan kian mendekatkan langkah Indonesia menuju cita-cita sebagai salah satu pusat mode di Asia.

Tahun ini JFW 2014 menampilkan karya dari 240 desainer/label fashion, 7 desainer international, serta 3000 outfit yang akan dikenakan oleh 350 model, dengan lebih dari 75 show di fashion Tent dan fashion Atrium, Senayan City. JFW 2014 juga menggelar program Buyer’s Room yang mempertemukan para desainer terpilih dengan buyers local dan mancanegara. Para buyers yang hadir sejak Buyers Room digelar pada 17 Oktober 2013 di The Hall, Senayan City, antara lain berasal dari Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Uni Emirat Arab, Singapura dan Italia.

“Penyelenggaraan JFW 2014 yang melibatkan desainer, model hingga jumlah show lebih banyak dari tahun ke tahun sebelumnya, tidak hanya menempatkan Jakarta Jashion Week sebagai Fashion Week utama di negeri ini. Berbagai program yang kami kembangkan dan catatan keberhasilan dalam mengangkat  karya desainer Indonesia ke panggung mode dunia, kian membuktikan bahwa Jakarta Fashion Week memiliki peran yang semakin penting dalam gerak negeri ini,” ujar Svidia Alisjahbana, Ketua Umum JFW 2014.

“Jakata Fashion Week sebagai event berskala international adalah bukti kecintaan kita semua kepada Industry Fashion ini. Begitu banyak pihak yang terlibat, seperti desainer, media, pemerintah, perusahaan dari berbagai industry hingga para model dan make up artist yang senantiasa mengeluarkan energy kreatif untuk menyukseskan perhelatan akbar tahunan ini. Dengan tema Bringing Indonesia to The World, JFW memiliki makna penting bagi bangsa kita untuk menjadikan Fashion Indonesia semakin diakui dan diterima oleh masyarakat dunia,” ujar Mari Elka Pangsetu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Jakarta Fashion Week 2014 adalah bagian penting dalam usaha pengembangan Industry Fashion kita, tak hanya merayakan kemajuan industry ini selama tujuh hari, Jakarta Fashion Week ternyata juga mengembangkan kapasitas desainer local melalui workshop, kompetisi, program beasiswa ke luar negeri, serta memperkenalkan karya-karya desainer kita ke buyer international. Karena itu saya berharap penyelenggara Jakarta Fashion Week ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku industry ini untuk siap menjalin kerjasama dengan pihak luar negeri sehingga produk kita semakin dikenal,” kata Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan.

Jakarta Fashion Week (JFW) 2014 pada Sabtu (19/10/2013) resmi dimulai dengan beberapa show dan menampilkan desainer binaan program Indonesia Fashion Forward. (http:/www.jakartafashionweek.co.id/id/Indonesia.fashion.forward). Program Indonesia Fashion Forward merupakan kolaborasi antara Jakarta Fashion Week, British Council dan Center of Fashion Enterprise serta didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Opening ceremony Jakarta Fashion Week 2014 menampilkan parade 31 desainer dan muse di panggung Fashion Tent. Dilanjutkan Show “The Opening of Pasar Indonesia” yang menghadirkan desainer muda, yaitu Eridani, Monday to Sunday, Milcah, NFRT dan Vinora. Pasar Indonesia adalah pameran produk-produk mitra binaan Bank Mandiri dan digelar di Jakarta Fashion Week untuk memudahkan pecinta mode melihat langsung hasil karya pelaku industri kreatif dan memperluas akses pemasaran hasil produk.

Dipanggung Fashion Tent, show “Indonesia Fashion Forward 1” menampilkan desainer kategori premium ready to wear, yaitu Friederich Herman, Jefry Tan, dan Major Minor. Desainer kategori busana muslim yaitu Jenahara, Nur Zahra, dan Dian Pelangi, memukau para pencinta Fashion pada show “Indonesia Fashion Forward 2” berlangsung. Sedangkan show “Indonesia fashion forward 3” memamerkan koleksi desainer kategori luxury ready to wear yaitu Albert Yanuar, Toton dan Yosafat. Kemeriahan di panggung Fashion Tent di  hari pertama Jakarta Fashion Week 2014 ditutup dengan show “Indonesia Fahion Forward 4” yang menampilkan koleksi desainer kategori luxury ready to wear yaitu Tex Saverio.

Panggung Fashion Atrium juga banyak menarik perhatian para pengunjung Senayan City di hari pertama. L’Oreal Professionnel berkolaborasi dengan Estetica Indonesia menampilkan Hair and Fashion Show dan menggandeng desainer label Hunting Field yang mempertunjukkan karya terbaru bertema “Under The Sea”.

Cleo Fashion Awards 2013 menobatkan beberapa retail brand yang menjadi sepuluh kategori : The Most Stylish Denim, The Sexiest Shoes, The Trendiest Casual Wear, The Sultriest Cocktail Dresses, The Trendies Work Wear, The Coolest Beach Wear, The Hippest Sunglasses, The ‘IT’ Watches, The Most Covetable Bags, dan The Most Favorite Accessories.

Cita cinta Change-lebration mencuri perhatian banyak pengujung karena menampilkan 12 wanita yang mengedepankan beauty & style makeover dan berjalan di runway. Penampilan mereka dimeriahkan dengan Fashion Show Model Jakarta Fashion Week 2014 yang memamerkan pakaian koleksi Argyle & Oxford, Avanava, dan (X) S.M.L serta live performance dari RAN.

Tahun ini Jakarta Fashion Week 2014 didukung oleh Bank Mandiri, Senayan City sebagai penyedia venue, L’Oreal Professionnel, The Body Shop, Matahari Departemen Store, Bellini, Juara Skincare, Mazda Motor Indonesia, 5asec, You C Vitamin Water. Tiger Air Mandala, Acer dan C’s Nail Academy juga menjadi mitra Jakarta Fashion Week dalam memajukan industry mode Indonesia. (Lrd.Khalits)