I BERANDA I NASIONAL I INTERNASIONAL I METROPOLITAN I POLHUKAM I SOSDIKBUD I EKOBIS I SLERA I OLAHRAGA I NEWSTV I

Sabtu, 12 Oktober 2013

SeaWorld Suguhkan 3 Karya Inovasi


SeaWorld Suguhkan 3 Karya Inovasi
Penulis : Lrd.Khalits

8Globalita.com-Jakarta, SeaWorld Indonesia sebagai salah satu wahana obyek rekreasi unggulan Indonesia yang didirikan sejak 1994, kembali menyuguhkan wahana baru untuk dipersembahkan kepada masyarakat. Karya dan inovasi terbaik SeaWorld tersebut di lounchingkan, di Arena SeaWorld, Ancol Jakarta, Sabtu (12/10/2013).

“3 karya inovasi terbaru itu adalah Aquacity, Aquascape dan Swamp Land. Ketiganya di berikan SeaWorld dalam rangka memanjakan masyarakat pencinta rekreasi. Juga sebagai wujud SeaWorld yang mengusung konsep entertainment dengan 3 misi utama yaitu Edukasi, Konservasi dan Rekreasi. Dalam rangka menyambut libur long weekend Idul Adha 1434 H,” kata General Manager SeaWorld Indonesia, Rika Sudranto, dihadapan pengunjung dan wartawan, dia Wahana SeaWorld Ancol Jakarta, Sabtu (12/10/2013).

Aquacity, Aquascape dan Swamp Land, menjadi tampilan terbaru di SeaWorld Indonesia yang berisi ikan-ikan hidup diperairan tawar. Aquacity merupakan perpaduan antara 3 aquarium dengan konsep unik yaitu AquaCar, AquaPhone dan AquaHome. Ketiganya menempati area dengan latar belakang kota Jakarta.

AquaCar merupakan persembahan karya inovasi SeaWorld Indonesia yang mengembangkan prinsip Reduce, Reuse dan Recycle. Mobil Mazda bekas tahun 1965 dimodifikasi menjadi akuarium unik.

Sedangkan AquaPhone merupakan aquarium dengan benuk box telepon umum lengkap dengan pesawat telpon berisi ikan Mas Koki warna warni dan cantik.

Sementara AquaHome adalah aquarium yang dibuat menyerupai rumah tradisional betawai sebagai wujud kenservasi budaya khususnya budaya Jakarta atau Betawi.

Aquascape adalah kegiatan yang lebih bersifat seni dalam mengukur dan menanam tanaman air, batu dan kayu (hard scape) dalam cara yang menyenangkan secara estetis di dalam aquarium sehingga memberikan efek berkebun di bawah air, dalam bentuk beberapa model atau type yaitu, type natural, type water fall, type out of Space, type colourful, dan type colecturistis.

Konsep Aquascape yang ada di SeaWorld Indonesia antara lain waterfall, jungle, iwagumi dan miniature tanah lot.

Iwagumi dalam bahasa jepang artinya “Formasi Batu”, batu tersebut menjadi ini dari tata letak dan biasanya terdiri dari tiga atau lima batu. Ada aturan khusus Iwagumi, seperti cara peletakan substrat,urutan penempatan batu dan setiap batu yang digunakan memiliki nama sendiri.

Jungle style tujuannya untuk menciptakan pertumbuhan yang subur sehingga Nampak seperti kondisi di dalam hutan. Tanaman dibiarkan tumbuh liar dan padat dengan vegetasi. Berbagai jenis ikanpun sering ditemukan pada vegetasi yang padat di hutan ini.

Waterfall style merupakan teknik untuk menghadirkan miniature landscape dari sebuah pemandangan air terjun. Air terjun yang tercipta merupakan ilusi optic menggunakan pasir putih halus yang jatuh sehingga menjadi replika air terjun yang nyata.

Tanah Lot Style merupakan teknik terapan untuk menghadirkan miniature pemandangan Tanah Lot – Bali. Teknik mengedepankan pembuatan struktur bebatuan menyerupai landscape di tempat tersebut. (Lrd.Khalits)