Jumat 29 Mei
2015 || 20 : 03 WIB
Kategori
: Interior
Penulis : Lrd Viga - 801
3 Mahasiswa ITB Menangkan Kompetisi ASDA Asia
Pasific 2015
8GlobaliTa – Jakarta, Tiga
mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Desain Interior memenangkan
kompetisi desain yang diadakan American Standard Indonesia. Ketiga pemenang
tersebut yaitu Dewi Kartika, Cyrus Adiel Syailendra dan Nahja Akbar Khalid dan
berhak mengantongi uang tunai sebesar USD 2000. American Standars Indonesia sebagai
pelaksana kompetisi, mengumumkan pemenang ASDA Asia Pasific 2015 tersebut pada
tanggal 29 Mei 2015 lalu di Gedung American Standard Indonesia di Jl. Wolter
Monginsidi Jakarta.
American
Standard Asia Pasifik, diawal tahun ini, meluncurkan kompetisi desain pertama untuk
mencari talenta muda berbakat dengan nama “American Standard Design Award Asia
Pasific 2015” (ASDA Asia Pasific 2015).
Sebanyak
239 karya dari 43 perguruan tinggi di Indonesia,
Singapura, Thailand and Filipina diterima oleh
American Standard. Setelah melalui proses seleksi dan penjurian di tiap negara
(Babak I), American Standard Indonesia menetapkan pemenang dari ketiga kategori
tersebut, pada Jumat (29/5/2015).
Ketiga
pemenang itu mewakili Indonesia
untuk bersaing di tingkat Asia Pasifik dan berhak membawa pulang uang tunai masing-masing
sebesar US$ 2.000 dengan pajak hadiah ditanggung American Standard. Proses
seleksi dan penjurian pada setiap babak dilakukan oleh para ahli dari pihak
American Standard maupun para ahli di bidang desain dan arsitektur.

Ketiga
Finalis tersebut yaitu Dewi Kartika, mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB)
memenangkan kategori I (satu) Desain Kamar Mandi. Cyrus Adiel Syailendra
mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) memenangkan kategori II (dua) Desain
Konsep Produk Toilet, dan Nahja Akbar Khalid mahasiswa Institut Teknologi
Bandung (ITB) dengan Desain Konsep Produk Faucet.
Para
finalis akan mempresentasikan karyanya di babak Final pada 19 Juni 2015 mendatang,
di Red Dot Design Museum, Singapura, untuk bersaing dengan finalis dari
Singapura, Thailand dan Filipina. Pengumuman pemenang dari ketiga kategori akan
diumumkan di hari yang sama.
“Kompetisi
desain ASDA ini sangat baik dan bermanfaat bagi dunia pendidikan desain baik
arsitektur, interior maupun desain produk. Bagi mahasiswa wahana ini menjadi
ajang kompetisi dan interaksi dalam dunia nyata untuk menyampaikan ide dan
gagasan yang dapat diuji oleh publik. Ajang kompetisi yang akan berlanjut
sampai pada tingkat internasional juga menggairahkan kehidupan akademik
kemahasiswaan mengantarkan ke dunia profesional yang makin kompetitif.
Alhamdulillah dan saya bersyukur bahwa
mahasiswa ITB dapat mewakili Indonesia
di tingkat Asia Pasifik untuk semua kategori kompetisi ASDA 2015. saya berharap
kegiatan seperti ini tetap dapat berlangsung di tahun-tahun mendatang,” ungkap
DR Ir M Prasetyo Effendi Yasin M Arch, MAUD, Kelompok Keahlian Perancangan
Arsitektur ITB.
Setiap
pemenang akan membawa pulang total uang tunai sebesar US$ 7.000 (hadiah Babak I
US$ 2.000 dan hadiah pemenang US$ 5.000) dan desain pemenang akan
dipertimbangkan untuk menjadi salah satu produk American Standard berikutnya.
(berdasarkan kriteria penjurian Annex
A).
Kompetisi
desain American Standard merupakan kesempatan bagi desainer muda untuk bertemu
dan berinteraksi secara langsung dengan para ahli di industri desain tingkat
regional. Sekaligus menjadi ajang bagi desainer muda untuk dikenal secara luas
di tingkat regional dan dapat memperluas kesempatan mereka dalam berkarir.
Di
American Standard bekerja untuk menepati janji perusahaan kepada pelanggan
dengan memberikan lingkungan kamar mandi yang indah dan harmonis, sesuai dengan
gaya hidup masyarakat dan memungkinkan mereka
untuk “berekspresi dengan gaya
mereka masing-masing”.
Produk
kamar mandi American Standard menggabungkan desain yang unggul dengan teknologi
inovatif untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi jiwa dan raga. Kedua hal
ini, dikombinasikan dengan keahlian dari para desainer terkenal dunia, telah
menjadikan American Standard produk pilihan bagi banyak proyek terkemuka di
seluruh dunia.
Lixil
Corporation yang berkantor pusat di Tokyo
adalah pemimpin global dalam bidang bahan-bahan dan produk rumah dan bangunan,
serta bisnis layanan. Dasar keberhasilan LIXIL adalah investasi yang
berkelanjutan dalam inovasi teknologi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat
luas. (8globaliTa
– Lrd Viga/801)
Follow beritanya di www.8globalita.com
link www.8globalita.blogspot.com
link @8globalita_801 link
@kk_viga link Facebook : Globalita Globalita