Jumat 17 Juni 2016 || 19 : 33 WIB
Kategori : Ekbis
Penulis : Lrd Viga
801 / Riri
Pigeon Pertahankan Pangsa Pasar Dalam Kondisi
Lesunya Perekonomian Negara
8GlobaliTa – Jakarta,
Kondisi ekonomi dunia yang masih lemah di sepanjang tahun 2015, berakibat pada
penurunan harga komoditas dan menurunnya aliran modal asing ke Negara
berkembang termasuk Indonesia.
Namun demikian PT Multi Indocitra Tbk yang mendapat lisensi dari Pegeon
Corporation dapat mempertahankan pangsa pasarnya dengan pertumbuhan usaha
diangka 5%.
Dengan di dukung produk berkualitas baik, fasilitas pabrik
yang modern dan jaringan distribusi yang luas dan terintegrasi perusahaan dapat
meningkatkan penjualannya.
Selain itu untuk mempertahankan posisi dan meningkatkan
penjualan Produk dengan merek PIGEON yang merupakan Top Brand di kategorinya,
di tahun 2015 perusahaan secara konsisten melakukan aktivitas promosi melalui
kegiatan pemasangan iklan di media cetak serta digital, kerjasama di Rumah
Sakit dan melakukan pengembangan produk-produk baru.
Produk baru PIGEON yang dikembangkan di tahun 2015 adalah
Botol dengan Design Batik seri GURDO dan seri BUNGA PEONY. Merupakan tahun ke-2
untuk Pigeon berkolaborasi dengan Iwet Ramadhan dalam mengembangkan botol dengan
motif batik di tahun ini. Kolaborasi Pigeon dengan Iwet Ramadhan didasarkan
pada kesamaan prinsip dalam mengembangkan produk berkualitas dan melestarikan
salah satu kekayaan budaya local yaitu batik. Produk bermotif dari Pigeon,
dijamin keamanannya karena menggunakan tinta Food Contact Grade.
Produk Baru Lock and Lock yang didistribusikan di penghujung
tahun 2015 adalah produk Lock and Lock dengan character Snoopy. Produk Lock and
Lock sudah didistribusikan di Modern Channel seperti Hypermart, Carrefour /
Transmart, Gramedia, Food Hall dan di Traditional Channel seperti baby shop.
Sedangkan Produk AIBU, berkaitan dengan rencana perusahaan
untuk melakukan rejuvinasi Brand sehingga di tahun 2015, aktifitasnya lebih
banyak dilakukan pada aktivitas samping dan direct selling ke konsumen.
Sebagai sarana untuk meningkatkan image Pigeon, pada tahun
2015 dilakukan penambahan 2 gerai baru di Jakarta yaitu Lippo Mall Puri dan
Emporium Pluit Mall.
Pertengahan tahun 2015, perusahaan melakukan persiapan
pengembangan bisnis yang strategis di bidang ritel perlengkapan bayi “Baby
World” di bawah anak perusahaan PT Citra
Makmur Ritailindo. Target tahun pertama di 2016 adalah membuka 25 gerai dan telah
dibuka 8 gerai Baby World.
Baby World diharapkan menjadi ujung tombak penjualan Pigeon
di Indonsia dari hulu ke hilir di masa mendatang dan memberikan kontribusi
pendapatan serta menjadi backbone untuk Perusahaan (MICE).
Toko “Baby World” siap menjual produk perlengkapan bayi dan
ibu multi-brand, mengusung konsep “Sahabat Ibu” dengan mengedepankan service
sebagai kelebihan dibandingkan dengan toko ritel perlengkapan bayi lainnya
dengan lokasi toko yang mendekati konsumen (residential area).
Kedepannya, “Baby World” juga siap melayani konsumen yang
ingin berbelanja secara online lewat situs www.babyworld.co.id
Dalam menjaga dan meningkatkan pangsa pasarnya di kategori
produk Pigeon, Strategi pemasaran yang ditempuh di tahun 2016 adalah secara
rutin melakukan aktivitas untuk meningkatkan awareness, memberikan edukasi ke
konsumen dan pelanggan dan secara konsisten melakukan pengembangan produk baru.
Serta melakukan penambahan gerai baru di Jakarta,
Surabaya dan
Karawang.
Untuk produk AIBU dan LOCK and LOCK, strategi pemasaran yang
ditempuh membangun citra positif, meningkatkan brand awareness dan serta
melakukan focus area dan jalur distribusi.
PT Multi Indocitra Tbk didirikan dengan tujuan untuk
mendistribusikan produk perawatan atau perlengkapan bayi serta ibu hamil dan
menyusui juga produk perawatan kulit untuk remaja.
Pada tahun 1996 perusahaan mendapatkan lisensi dari Pigeon
Corporation, Jepang sehingga mengkonsentrasikan usahanya sebagai distributor
tunggal produk bayi dan anak dengan merek PIGEON. Di tahun 2013, perusahaan
mulai memasarkan produk kosmetik dengan merek Astalift dan AIBU. Dan di 1 April
2015, perusahaan mulai memasarkan produk Lock and Lock Hello Kitty. (8globaliTa – Lrd Viga-801/Riri).
Follow beritanya di www.8globalita.com
link www.8globalita.blogspot.com
link @8globalita_801 link
@kk_viga link Facebook : Globalita Globalita.