Sabtu 22 Oktober 2016 || 21 : 31 WIB
Kategori : Event
Penulis : Lrd Viga
801 / Riri
Jakarta
Fashion Week 2017 Resmi Dimulai
8GlobaliTa – Jakarta,
Jakarta Fashion Week (JFW) 2017 resmi
dibuka di Senayan City, Jakarta,
Sabtu (22/10/2016). Selama sepekan, 22-28 Oktober 2016, ratusan desainer, baik busana
berlabel kebanggaan Indonesia
maupun Internasional, siap menampilkan karya terbaik mereka dalam pesta
perayaan mode yang menjadi arahan mode tahun depan, serta mendaptkan sorotan
public dunia ini.
“Menginjak penyelenggaraan di tahun kesembilan, Jakarta
Fashion Week 2017 memberi warna yang semakin kuat dalam laju pesat industri
mode Indonesia.
Serangakaian program yang digelar sejak awal tahun, seperti workshop, seminar,
Buyer’s Room, Factory Visit, serta sejumlah prestasi yang diukir melalui
partisipasi para desainer di berbagai pentas Internasional, dilanjutkan dengan
perayaan pesta mode akbar. Lebih dari 30.000 fashionist diperkirakan akan
menghadiri perhelatan akbar ini setiap hari. Mereka siap menyaksikan lebih dari
70 show yang menampilkan tak kurang dari 3.000 outfit, terdiri dari
ready-to-wear, modest wear, haute couture, aksesori dan lain-lain, yang dikenakan
oleh lebih dari 230 model, hasil karya 250 desainer, label local dan
Internasional dari 6 negara, yaitu Jepang, Thailand, Korea Selatan, India,
Inggris dan Australia,” ungkap Svida Alisjahbana, Ketua Umum Jakarta Fashion
Week, sekaligus CEO Feminagroup.
Selama sepekan, Jakarta Fashion Week 2017 siap menampilkan
fashion show kolaborasi dengan para mitra, berbagai organisasi dan pusat
kebudayaan Internasional, seperti British Council, Council of Fashion
Desaigners of Korea, Korea Creative Content Agency, Korean Cultural Center,
Amazon Tokyo Fashion Week – Japan Fashion Week Organization, Departement of
International Trade Promotion Thailand, Australia-Indonesia Centre, Virgin
Australia Melbourne Fashion Festival, serta sejumlah kedutaan besar asing di
Indonesia, yaitu Kedutaan Besar di Australia, Kedutaan Besar Inggris, Kedutaan
Besar India, Kedutaan Besar Jepang, Kedutaan Besar Korea Selatan, dan Kedutaan
Besar Thailand. Fashion show kolaborasi tersebut menghadirkan nama-nama besar
di dunia fashion, antara lain Lie Sang Bong dari Korea Selatan, Suzuki Takayuki
dari Jepang, Eka dan Amrich dari India, Richard Malone dari Inggris.
Meski pesta mode tahun ini diwarnai kehadiran para desainer
mancanegara, Jakarta Fashion Week 2017 diawali dengan koleksi para desainer
Indonesia Fashion Forward dari berbagai generasi, seperti Lotuz, Peggy Hartanto,
Yosafat Dwi Kurniawan, Tex Saverio, Paulina Katarina, Bateeq, Jii by Gloria
Agatha, Milcah, Major Minor, Sean & Sheila, ByVelvet, Friederich, LEKAT.
Sejumlah desainer yang telah ditempa pengalaman dan prestasi
dalam industri fashion Indonesia
juga memastikan siap menampilkan koleksi terkini, antara lain Anne Avantie,
Itang Yunaz, Musa Widyatmodjo, Didi Budiardjo. Sementara itu para pecinta
modest wear akan menjumpai arahan tren fashion tahun depan dari Etu by Restu
Anggraini, Norma Hauri, Dian Pelangi, Jenahara, Ria Miranda, Rani Hatta, dan
masih banyak lagi.
Kebangkitan kreativitas para desainer muda juga akan
terlihat di runway Jakarta Fashion Week 2017, karena sejumlah sekolah mode
sudah memastikan akan menampilkan karya anak didik mereka, seperti Abineri Ang
Atelier et Createur de Mode, Binur Northumbria School of Design, LaSalle
College Jakarta, Istituto Di Moda Burgo, dan Esmod Jakarta.
Tahun ini, Jakarta Fashion Week kembali mendapatkan dukungan
penuh dari Senayan
City. Veri Y. Setiady,
CEO Senayan City, menyatakan, “Sebagai the most stylish shopping destination,
Senayan City secara konsisten memberikan
tempat untuk mempertunjukkan koleksi designer ternama maupun bakat-bakat baru
di industri fashion Indonesia. Oleh karena itu, merupakan sebuah kehormatan
bagi kami untuk ke-4 kalinya dapat menjadi tuan rumah bagi perhelatan fashion
akbar tahunan terbesar di Asia Tenggara, Jakarta Fashion Week 2017. Jakarta
Fashion Week 2017 hadir sebagai bagian dari rangkaian perayaan Senayan City
Iconic 10 Years, di mana Senayan City akan menghadirkan 2 Iconic collaboration
dengan konsep runway show yang berbeda, yaitu “Hype Street Fashion” pada
tanggal 25 Oktober 2016, yang menghadirkan Indonesian high street fashion
label, ANYE by Agnez Mo, Apparel After Dark, HAY United dan Monstore di Fashion
Atrium lantai 1. Iconic collaboration lain hadir melalui koleksi Sejauh Mata
Memandang by Chitra Subiyakto, Mel Ahyar FIRST, Happa dan Happa XY pada gelaran
runway show yang bertajuk “GAIA Hypothesia” pada 27 Oktober 2016 mendatang di
Fashion Tent Jakarta Fashion Week 2017. Kami berharap, semoga melalui gelaran
ini, akan semakin membuktikan majunya industri fashion Indonesia,
serta membawanya memasuki industri fashion dunia.”
Tak hanya itu, bertempat di Fashionlink, di The Hall, lantai
8 Senayan City, Jakarta Fashion Week juga akan menjadi tuan rumah berbagai talk
show special dari partner-partner, seperti British Council, Kedutaan Besar
Inggris, Kedutaan Besar India, dan Kedutaan Besar Swedia yang mengusung tema
sustainable fashion, serta Australia-Indonesia Center dan Kedutaan Besar
Australia yang akan memperkenalkan tren fashion pria, maupun Australia Trade
Commission (Austrade) yang menggelar workshop seputar wanita dalam bisnis fashion.
Berbagai label fashion pun dapat melaksanakan transaksi
penjualan bisnis dalam jumlah besar (B2B) dengan buyer local dan international,
sekaligus transaksi ritel (B2C), di area fashionlink. Fashionlink dibuka secara
resmi pada Senin 24 Oktober 2016, dan akan berlangsung selama 5 hari hingga
penutupan Jakarta Fashion Week 2017, Jumat, 28 Oktober 2016.
Sejak awal, Jakarta Fashion Week 2017 didukung oleh sejumlah
lembaga pemerintahan, yaitu Kementerian Perdagangan Indonesia, Badan Ekonomi
Kreatif Indonesia, Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, Dewan Kerajinan Nasional
Daerah DKI Jakarta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, serta mitra
bisnis yang visionir yaitu, Wardah, L’Oreal Professionnel, CIMB Niaga, Matahari
Department Store, UBS Pusat Emas Model Baru, Dulux, Giv, Softener Soklin,
Systema, Top Coffe, Make Over, Epson, Blibli.com, Batik Air, Rumah Luwih, Aqua
Reflections, Fashion Valet, Carlo Rino, Bakmi Mewah, Oakwood, Century Park,
Acer, Rumah Sakit Mitra Keluarga, 8 Suara Bersaudara, dan CNB.
“Keterlibatan Wardah
pada Jakarta Fashion Week 2017 bertujuan memberikan inspirasi dan tren dari dua
kolaborasi industri, yaitu industri mode dan industri kosmetik. Ini merupakan
wujud nyata kontribusi kami bagi para pengembangan ekonomi kreatif tanah air,
bagaimana Jakarta Fashion Week 2017 memberikan ruang bagi para pelaku industri
mode mempertunjukkan kreasi dan karya-karya mode spektakuler mereka, dan kami
bersama puluhan make-up artis hadir dengan dukungan penuh di belakang panggung
untuk menyajikan konsep riasan wajah. Tentunya ini menjadi satu kesatuan
pertunjukan yang sempurna. Wardah ingin, ke depannya, kolaborasi-kolaborasi
lintas industri kreatif dapat terjalin sehingga hal ini dapat membantu
pergerakan perekonomian Indonesia,”
jelas Salman Subakat, Marketing Director Wardah, yang merupakan official
make-up Jakarta Fashion Week 2017.
Sementara Michael Justisoesetya, General Manager
Professional Product Division L’Oreal mengungkapkan, “L’Oreal Professional
merupakan brand hairdressing terbesar dengan DNA fashion yang kuat melalui berbagai
kegiatannya berlandasan tiga pilar utamanya, yaitu edukasi, inovasi dan
inspirasi. Menjadi bagian penting dari Jakarta Fashion Week 2017 merupakan bentuk
kontribusi nyata L’Oreal Professional, tidak hanya kepada industri
hairdressing, tetapi juga terhadap induatri mode tanah air. Hingga tahun kelima
ini, kami telah genap menurunkan 290 hairdresser untuk menciptakan 8.088 total
look pada 367 fashion show. Hal ini merupakan kebanggaan bagi kami, karena
disamping melengkapi kegiatan brand ini di seluruh dunia, yang telah menjadi
official backstage hairstylist partner untuk lebih dari 800 show per tahun,
Jakarta Fashion Week menjadi satu-satunya pekan mode di mana L’Oreal
Professional menjadi brand hairdressing ekslusif sepanjang pecan mode
berlangsung.”
Tigor M. Siahaan, Presiden Directur PT Bank CIMB Niaga Tbk,
(CIMB Niaga), yang menjadi official bank partner Jakarta Fashion Week tahun ini
mengatakan, “Sebagai perusahaan yang memiliki perjalanan panjang dan pengalaman
lebih dari enam dasawarsa mengembangkan bisnis perbankan untuk mengabdi pada
negeri, kami mendukung upaya-upaya yang dilakukan bagi kemajuan kebudayaan dan
pengembangan industri kreatif Indonesia. Menyadari fashion kini tidak sekedar gaya hidup, tetapi juga menjadi bagian dari kebutuhan bagi
masyarakat Indonesia,
CIMB Niaga sangat antusias menjadi bagian dalam Jakarta Fashion Week 2017 ini.
Berbagai program menarik serta kemudahan bertransaksi kami tawarkan selama
berlangsungnya acara ini. CIMB Niaga juga akan membantu pengembangan usaha para
desainer nasional maupun masyarakat pecinta fashion, melalui layanan dan produk
perbankan komprehensif yang dimiliki. Usai pekan fashion berlangsung, kami pun
akan memberikan literasi keuangan kepada para pelaku industri fashion untuk
mendukung pengembangan usaha mereka. Kami berharap dukungan perbankan terhadap
industri kreatif mampu memaksimalkan potensi industri ini sebagai penggerak
perekonomian nasional.” (8globaliTa – Lrd
Viga-801/Riri).
Follow beritanya di www.8globalita.com
link www.8globalita.blogspot.com
link @8globalita_801 link
@kk_viga link Facebook : Globalita Globalita.