I BERANDA I NASIONAL I INTERNASIONAL I METROPOLITAN I POLHUKAM I SOSDIKBUD I EKOBIS I SLERA I OLAHRAGA I NEWSTV I

Kamis, 12 Desember 2013

Musik&Film/Kamis:12-Desember-2013/21:30-wib-Keluar Dari Samson, Bams Mengaku Terbebas Terlepas

Musik&Film/Kamis:12-Desember-2013/21:30-wib-
Keluar Dari Samson, Bams Mengaku Terbebas Terlepas
Penulis : Lrd. Khalits



8Globalita-Jakarta, “Gue buat album karena gue suka musik, bukan karena alasan lain, bukan untuk materi atau ketenaran,” jawab Bams saat di tanya tentang tujuannya membuat album setelah keluar dari Samson dan bersolo karier.

Hal itu disampaikan Bams saat jumpa pers di acar peluncuran album solo perdana Bams “Terbebas Terlepas” di Jakarta

Lebih jauh Bams mengatakan bahwa bermain musik itu sangat menyenangkan karena bisa meng-influence generasi, bisa membuat orang damai, meskipun bisa juga bisa membuat orang berantem. Namun demikian kata Bams, Musik memiliki kekuatan sangat besar yang selayaknya dimanfaatkan untuk kebaikan.

Album “Terbebas Terlepas” yang dikerjakan sejak awal tahun ini dan selesai pada bulan Agustus lalu. Single pertama yang berjudul “Selalu Mencintaimu” saat ini sedang dipromosikan di radio-radio.

Membayangkan musik Bams seperti Samsons, yang masih dengan genre pop, namun jauh berbeda, walaupun sama-sama pop dengan tema cinta yang sangat kental. Hanya saja yang tidak beruba adalah karakter vokal Bams yang memiliki artikulasi jelas, cengkok yang khas, dan falset yang halus tapi sangat bertenaga.

Penggarapan album ini Bams dibantu Tohpati. Ada sepuluh lagu yang semuanya ciptaan Bams. Tohpati bertindak sebagai music director dan arranger. Di album ini ada unsur orkestra pada sejumlah lagu, string dan brass. Di lagu “Selalu Mencintaimu” misalnya, bunyi alat gesek sangat dominan.

Tohpati dengan pas menyelipkan suara string yang dinamis sehingga membuat lagu ini terasa penuh dan megah. String section juga sangat dominan dalam lagu “Menyerah” dan “Tetap Di Sini”, sementara brass ada di lagu “Terbebas Terlepas”.

Lirik lagu “Selalu Mencintaimu” bercerita tentang hubungan sepasang kekasih yang terpaksa harus di akhiri, bukan karena sudah tidak saling mencintai, tetapi karena alasan lain yang tidak sanggup mereka atasi. Namun demikian, yang dimaksud dengan alasan lain itu, hanya Bams yang tahu.

Di lagu ini Tohpati memasang dua penyanyi latar, Uci dan Wisha. Ironi hubungan dua insan ini tergambar dalam video klip yang pengambilan gambarnya dilakukan pada 29 Agustus lalu di Lio Gallery, Kemang.

Menurut Rama, sang sutradara, agak sulit menggambarkan lirik lagu ini secara lengkap. Untuk itu dipilih fragmen adegan yang paling menarik, yang menggambarkan betapa dekatnya hubungan mereka.

Kamera mengambil adegan di depan grand piano, Bams menuangkan anggur buat diri dan kekasihnya. Kekasih Bams dalam Video Clip ini diperankan oleh Selena Maria, putri Indonesia 2011.

Selain “Selalu Mencintaimu” ada lagu “Aku jatuh Cinta” yang tampaknya disiapkan menjadi single ke dua. Lagu yang lain “Lawan Sepadanku”, Save The World”, “Maukah Kau Menjadi Pacarku”, “Semangat Membara”, “Tetap Disini”, “Menyerah”, “Kumau Lebih”, dan “Terbebas terlepas”.

Sembilan dari sepuluh lagu ini bertemakan cinta, kecuali Save The World yang berisi ajakan untuk peduli pada dunia yang makin tidak nyaman untuk ditinggali. Dalam lagu ini Tohpati dan Bams menggunakan paduan suara anak-anak dari Bina Vokalia. “Every body please save the world”.

Walaupun single-nya sudah berada di radio-radio, release album baru akan dilakukan akhir bulan ini, bersamaan dengan terdistribusinya CD ke toko-toko. Pos Entertainment sebagai label mempercayakan distribusi album Bams pada D’Majors, sedangkan untuk digitalnya pada Aquarius.

Sebagai penyanyi solo, Bams tengah menyiapkan band yang akan mengiringinya tampil.
“Pinginnya cari pemain yang bisa memainkan lebih dari dua instrumen, untuk keperluan gimmick”, kata penggemar basket ini.


Bams selama ini, bahkan sejak masih di Samsons, aktif dalam band rohani Give My Best (GMB). Selain tampil di acara-acara gereja GMB juga membuat album. Sebagian kawan di GMB inilah yang membantu Bams dalam promosi di radio-radio. (Lrd. Khalits).