I BERANDA I NASIONAL I INTERNASIONAL I METROPOLITAN I POLHUKAM I SOSDIKBUD I EKOBIS I SLERA I OLAHRAGA I NEWSTV I

Kamis, 10 Juli 2014

Ragam-Kamis-10-7-2014/21:30-wib/ABC Dapur Peduli 2014 Jangkau 200 Lebih Kantung Dhuafa


Kamis, 10 Juli 2014 || 21 : 30 WIB
Kategori : Ragam



Penulis   : Viga / 801

ABC Dapur Peduli 2014 Jangkau 200 Lebih Kantung Dhuafa
  

8Globalita – Jakarta,  PT Heinz ABC Indonesia kembali menggelar program amal tahunan bulan ramadhan, ABC Dapur Peduli 2014. Gebyar ABC Dapur Peduli Tahun Kelima ini, menjangkau lebih dari 200 kantung dhuafa di 20 kota dan memotivasi sekitar 2.000 ibu sukarelawan berpartisipasi untuk memasak serta mendistribusikan 100.000 paket berbuka puasa.

Program ini diharapkan dapat terus memotivasi kaum ibu berbagi kebaikan kepada sesama, terutama kaum dhuafa, ABC Dapur Peduli 2014 lebih meriah karena merupakan tahun kelima pelaksanaan program dan berhasil menjangkau 20 kota di Indonesia, atau tiga kali lebih luas jangkauannya dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Respon dari para ibu juga semakin positif karena ABC Dapur Peduli berhasil memotivasi sekitar 2.000 ibu sukarelawan untuk memasak dan membagikan 100.000 paket makanan di hampir 200 titik kantung dhuafa, di wilayah Jabodetabek, Semarang, Bandung, Sumatera, Kalimantan Timur dan Jawa Timur.

“Kami memperkirakan program ini melibatkan lebih dari 2.000 ibu sukarelawan sepanjang penyelenggaraan ABC Dapur Peduli 2014. Sebuah perkembangan yang menggembirakan mengingat pada saat kami menyelenggarakan ABC Dapur Peduli pertama, pada tahun 2010, baru sekitar 500 ibu sukarelawan yang berpartisipasi. Hal ini menjadi indikator bahwa usaha kami untuk memotivasi para ibu benar-benar mendapat sambutan positif.” Kata Wishnu Pramudji, President Director Heinz ABC Indonesia, di acara ABC Dapur Peduli 2014 yang di gelar di Mesjid Baiturrahman di kawasan DPR MPR RI Senayan Jakarta, Kamis (10/7/2014)

Antara tahun 2010 – 2013, ABC Dapur Peduli berhasil membagikan paket makanan kepada dhuafa di 7 kota (Jabodetabek, Semarang dan Bandung), dimana kini jaringannya diperluas tidak hanya di 7 kota tersebut, namun juga ke Medan dan Singgalang (Sumatera), Samarinda dan Balikpapan (Kalimantan Timur) serta 10 Kota di Jawa Timur. Sehingga gaungnya meluas ke 20 Kota di seluruh Indonesia.

“Bagi para ibu yang tidak bisa terlibat secara langsung, cukup dengan membeli produk-produk ABC selama Bulan Ramadhan, sebenarnya para ibu juga telah berkontribusi dalam program amal tahunan ini,” tambah Wishnu Pramuji.

ABC Dapur Peduli Didukung Banyak Pihak
Pada tahun ini, Heinz ABC Indonesia berhasil menggalang lebih banyak sukarelawan untuk bergabung. Dukungan juga mengalir dari organisasi Muslim seperti Komunitas Majelis Taklim, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim hingga tokoh yang disegani umat Muslim, yaitu Ustadz Taufiqurrahman (Ustadz Pantun). Bahkan pasangan selebriti Meisye Siregar dan Bebi Romero tahun ini turut tergerak untuk berpartisipasi. Chef Yeni Ismayani kembali menyumbangkan beberapa resepnya sebagai pilihan menu berbuka para ibu, antara lain ayam bacem manis legit, tumis sayuran pelangi bakso, dan es cau frambozen seribu bulan. Selain itu Chef Pasya Trijaya tahun ini juga ikut berpartisipasi dengan menyumbangkan menu daging sapi lapis seribu berkah, tumis kembang kol penyejuk hati, dan es blewah ramah tamah sehingga menu berbuka para ibu pun semakin bervariatif.

Ahmad Juwaini, President Director Dompet Dhuafa, mengatakan “Kami merasa sangat senang dan bangga dapat menjadi bagian dari kegiatan ABC Dapur Peduli 2014. Kami terlibat langsung dalam pendistribusian makanan. Keterlibatan tersebut dimulai sejak tahap mencari kantung-kantung dhuafa yang tepat sasaran hingga partisipasi aktif memotivasi ibu-ibu sukarelawan ABC Dapur Peduli ini akan terus terlaksana di tahun-tahun mendatang sehingga semangat untuk selalu berbagi kepada sesama akan terus tumbuh di kalangan ibu-ibu.”

Meisya Siregar dan Bebi Romero, mengatakan “Sebagai keluarga yang telah terbiasa dengan kegiatan sosial, kami sangat mendukung program ABC Dapur Peduli. Kami juga merasa sangat senang bisa diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara ini. di bulan Ramadhan, berbagi dengan sesama sudah menjadi tradisi di keluarga kami, terutama kepada dhuafa. Karena itulah saya akan memotivasi keluarga, teman, dan masyarakat luas agar saling berbagi lewat program ABC Dapur Peduli di bulan penuh hikmah ini.”

ABC Dapur Peduli Safari Ramadhan
Kemeriahan ABC Dapur Peduli 2014 juga dipicu oleh kehadiran ABC Dapur Peduli Safar Ramadhan. Dengan inovasi ini ABC Dapur Peduli memodifikasi mobil van sedemikian rupa sehingga tersedia dapur berjalan untuk mengakomodasi kegiatan masak-memasak. Telah dimulai pada tanggal 29 Juni 2014 lalu, ABC Dapur Peduli Safari Ramadhan akan kunjungi 15 kantung dhuafa di Jabodetabek.

ABC Dapur Peduli Safari Ramadhan menyajikan demo masak, konsultasi kuliner dengan chef serta memasak bersama untuk dhuafa. Para ibu sukarelawan, dipandu chef Anwar Sanjaya akan beramai-ramai memasak 400-500 paket berbuka untuk dhuafa di kawasan tersebut. Beberapa resep yang disusun chef untuk dimasak bersama-sama para ibu diantaranya adalah cumi goreng masak kecap dan bestik ayam.

Para Ibu berpartisipasi aktif memilih lokasi dhuafa
ABC Dapur Peduli 2014 juga membuka kesempatan kepada komunitas Ibu ABC Dapur Peduli untuk memberi usulan lokasi kantung dhuafa.

Untuk dapat berpartisipasi dalam program ini, Ibu ABC Dapur Peduli harus menjadi anggota fanpage Facebook ABC Dapur Peduli atau merupakan follower twitter @abcdapurpeduli.

Lokasi yang disarankan merupakan lokasi yang memang layak untuk diberikan bantun dengan kuota minimal 500 dhafa. Tim ABC Dapur Peduli akan melakukan audit dan survei kelayakan untuk memilih lokasi kantung dhuafa pilihan ibu sebelum benar-benar menyerahkan paket makanan.

Hingga saat ini Facebook fanpage ABC Dapur Peduli telah memiliki lebih dari 347.000 fans dan twitter @abcdapurpeduli telah memiliki lebih dari 4.800 follower. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Program amal ABC Dapur Peduli, kunjungi http://www.facebook.com/abcdapurpeduli atau http://twitter.com/abcdapurpeduli dan bergabunglah dengan komunitas ABC Dapur Peduli untuk saling berbagi pengalaman kegiatan berbagi selama bulan Ramadhan. (8Globalita – Viga)

Ikuti beritanya di www.8globalita.com  link  www.8globalita.blogspot.com  link  @8globalita_801  link  @kk_viga  link  Facebook : Globalita Globalita