I BERANDA I NASIONAL I INTERNASIONAL I METROPOLITAN I POLHUKAM I SOSDIKBUD I EKOBIS I SLERA I OLAHRAGA I NEWSTV I

Kamis, 28 Agustus 2014

Ekbis/Kamis-28-8-2014/22:00-WIB/IBEX 2014 Dorong Perkembangan Industri Impor


Kamis 28 Agustus 2014 || 22 : 00 WIB
Kategori : Ekbis
Penulis   : Viga

IBEX 2014 Dorong Perkembangan Industri Impor

 


8Globalita – Jakarta, Untuk ke empat kalinya, Perhimpinan Bank Nasional (Perbanas) kembali menggelar Indonesia Banking Expo (IBEX). Acara yang akan berlangsung selama tiga hari mulai 28 hingga 30 Agustus 2014 ini dibuka oleh Ketua Perbanas Sigit Pramono, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, dan Ketua Steering Commintee IBEX 2014 Henry Koenaifi.

“Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) kembali mnggelar Indonesia Banking Expo (IBEX). Kali ini, kami ingin menjadikan IBEX sebagai ajang pertukaran ide antara masyarakat dan pelaku industri perbankan dalam mendukung industri yang dapat menjadi substitusi produk-produk impor dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. untuk mewujudkan misi ini, IBEX 2014 menggandeng sekitar 70 bank dan perusahaan-perusahaan lainnya terlibat dalam Expo.” Ujar Sigit di acara pembukaan IBEX 2014 di JCC – Jakarta, Kamis (28/8/2104).

Hadir pula dalam pembukaan acara yang bertemakan “Peran Aktif Perbankan dalam Mendorong Perkembangan Industri Substitusi Impor untuk Mewujudkan Ekonomi Berdikari” ini Menteri Keuangan RI Chatib Basri, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Mari Elka Pangestu, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM Koperasi Erwin Aksa, Jajaran direksi, manajemen bank dan perusahaan peserta expo.

“Dengan kehadiran Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), para pemangku kepentingan utama dan pelaku industri perbankan, IBEX 2014 diharapkan dapat menjadi sarana pertukaran pemikiran yang memiliki nilai strategis bagi kemajuan ekonomi Indonesia,” lanjut Sigit.

Perbanas mendorong masyarakat untuk berkunjung dan terlibat dalam berbagai seminar dan diskusi yang ada di dalam IBEX 2014. Masyarakat, khususnya generasi muda dapat melihat secara langsung sejarah dan kontribusi perbankan terhadap perekonomian bangsa. Selain itu, masyarakat tidak hanya dapat memperoleh berbagai informasi tentang perbankan, namun juga dapat belajar bagaimana menjadi individu yang memanfaatkan bank untuk mengembangkan potensi diri.



Hari pertama pelaksanaan IBEX 2014 dibuka dengan pelaksanaan opening ceremony yang ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Ketua Perbanas, Ketua Dewan Komisioner OJK, Gubernur Bank Indonesia dan Ketua Steering Committee IBEX 2014.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke berbagai booth yang akan menampilkan berbagai terobosan layanan dari perbankan nasional hingga sejarah perbankan serta hasil karya mitra binaan bank-bank nasional.

“Hari ini akan ada talkshow yang mengangkat tema “Peran Aktif Perbankan dalam Mendorong Perkembangan Industri Substitusi Impor dalam Mewujudkan Ekonomi Berdikari”. Acara dilanjutkan dengan seminar bertema “Solusi Perbankan Syariah”. Jelas Henry di sela-sela kunjungan ke booth.

Masih di hari yang sama, Otoritas Jasa Keuangan menggelar talkshow dengan tema “Master Plan Sektor Keuangan, Konsep dan Rancana Implementasi”. Hari peratama ditutup dengan seminar yang mengangkat tema “Dukungan Bank Daerah Mendorong Substitusi Imfor”.

Berbeda dari penyelenggraan tahun-tahun sebelumnya yang menyasar para bankir, IBEX 2014 juga menyasar generasi muda dengan menyelenggarakan writing competitions, entrepreneurship games, dan banking race. Beragam kompetisi ini ditujukan untuk mengedukasi anak-anak muda mulai dari siswa SMP hingga Universitas mengenai industri keuangan.

Selain menyasar remaja, IBEX 2014 juga mewadahi anak-anak untuk mengenal industri keuangan, yaitu tabungan dengan menghadirkan Fun Can Coloring Competitions.

“Masyarakat tidak perlu ragu untuk mengajak keluarga termasuk anak-anak untuk datang karena anak-anak dapat belajar sekaligus berain melalui lomba mewarnai. IBEX 2014 dapat menjadi sarana edukasi keuangan bagi seluruh anggota keluarga,” tutup Henry. (8Globalita – Viga).    

Follow beritanya di www.8globalita.com  link  www.8globalita.blogspot.com  link  @8globalita_801   link   @kk_viga    link   Facebook : Globalita Globalita