I BERANDA I NASIONAL I INTERNASIONAL I METROPOLITAN I POLHUKAM I SOSDIKBUD I EKOBIS I SLERA I OLAHRAGA I NEWSTV I

Rabu, 27 Agustus 2014

Ekbis/Rabu-27-8-2014/21:00-WIB/Kunjungi Indonesia Banking Expo 2014 di JCC


Rabu 27 Agustus 2014 || 21.00 WIB
Kategori : Ekbis
Penulis   : Viga 801

Kunjungi Indonesia Banking Expo 2014 di JCC



8Globalita – Jakarta, Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) akan kembali menyelenggarkan Indonesia Banking Expo (IBEX) untuk ke empat kalinya pada 28 – 30 Agustus 2014. Terkait dengan penyelenggaraan tersebut, Perbanas mengajak masyarakat untuk berkunjung dan terlibat dalam berbagai seminar dan diskusi yang ada di dlam IBEX 2014.

“Perbanas ingin menjadikan IBEX kali sebagai ajang pertukaran ide antara masyarakat dan pelaku industri perbankan dalam mendukung industri yang dapat menjadi substitusi produk-produk impor, menghadapai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015,” ujar Sigit Pramono, Ketua Perbanas pada acara jumpa Pers, di kantor Perbanas – Jakarta, Rabu (27/8/2014).

Ia menambahkan IBEX 2014 juga dapat  menjadi ajang bagi generasi muda untuk melihat secra langsung sejarah dan kontribusi perbankan terhadap perekonomian bangsa. Selain itu, masyarakat tidak hanya dapat memperoleh berbagai informasi tentang perbankan, namun jug dapat belajar bagaimana menjadi individu yang memanfaatkan bank untuk mengembangkan potensi diri.



Selain Perbanas, IBEX juga melibatkan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta lembaga pemerintahan lainnya. Dengan hadirnya para pemangku kepentingan utama dan pelaku industri perbankan, diharapkan akan terjadi pertukaran pemikiran yang memiliki nilai strategis bagi kemajuan ekonomi Indonesia.

“Sebagai pasar terbesar ketiga di Asia, Indonesia merupakan pasar potensial bagi pelaku industri lokal. Apalagi, di tahun 2025 Indonesia akan menikmari bonus demografi dimana penuduk usia produktif akan lebih dominan. Industri perbankan punya peran strategis untuk mendorong peran penduduk usia produktif, tidak hanya produktif secara finansial, namun juga produkstif menghasilkan produk-produk buatan sendiri yang digemari pasar domestik,” Lanjut Sigit.

IBEX 2014 diawali dengan sosialisasi ke anak-anak muda, dari siswa SMP hingga Universitas, yang telah dimulai sejak Juli 2014 melalui aneka kegiatan antara lain writing competitions, entrepreneurship games, dan banking race. IBEX 2014 yang berlangsung dari 28 – 30 Agustus 2014 ini juga akan menampilkan Seminar dan pameran. Selain seminar, IBEX 2014 juga menampilkan berbagai terobosan layanan dari perbankan nasional hingga sejarah perbangkan serta hasil karya mitra binaan bank-bank nasional.

Industri Perbankan terus mengalami perkembangan seiring dengan pembaharuan ekonomi secara keseluruhan. PERBANAS sebagai wadah untuk bank-bank di Indonesia juga harus terus mengembangkan diri secara dinamis seiring berjalannya waktu. Tujuan uatamanya adalah untuk memperluas wawasan dan pengetahuan anggotanya ditengah-tengah kamajuan dalam segala sektor.

PERBANAS saat ini merupakan organisasi terbuka. Anggotanya tidak hanya terdiri dari bank-bank nasional swasta seperti pada saat pendiriannya, tetapi juga telah menerima jenis bank lainnya seperti Bank BUMN, Bank Syariah dan Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Dengan keanggotaan yang terbuka, PERBANAS diharapkan menjadi satu-satunya organisasi dalam industri perbankan sehingga dapat mempererat sektor ini dalam mengantisipasi berbagai kendala yang mungkin dihadapi kedepannya. Selain itu, juga seiring dengan keinginan pemerintah agar tidak terdapat terlalu banyak organisasi perbankan di Indonesia.

Tujuan diadakannya IBEX, Secara umum, sebagaimana tujuan IBEX pada tahun sebelumnya, tujuan kegiatan IBEX 2014 ini adalah untuk membuka wawasan dari para pelaku industri maupun regulator atau otoritas agar dapat mengambil dan melakukan langkah-langkah yang sinergis yang dapat dilakukan oleh industri perbankan Indonesia, demi mendorong tercapainya pertumbuhan ekonomi bagi masarakat Indonesia.

Adapun Seminar dalam ajang IBEX 2014 bertujuan untuk menjadi sebuah ajang komunikasi dan sosialisasi dari para praktisi dan regulator agar terjadi sebuah sinergi yang efektif. Di samping itu, seminar ini juga diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi pengambilan inisiatif-inisiatif lebih lanjut yang pragmatis. Secara khusus, tujuan masing-masing seminar akan dijelaskan lebih detil pada penjelasan dihalaman berikutnya.

Dalam IBEX 2014 akan diadakan Expo dan Exhibition dari para peserta pelaku industri perbankan dan industri lain yang terkait. Tujuan dari Expo ini adalah sebagai berikut : sebagai sarana promosi dan edukasi bagi kalangan perbankan dan masyarakat umum, Sebagai sarana komunikasi bagi kalangan perbankan untuk membangun sebuah sinergi dan sebagai sarana berbagi pengetahuan dan pengalaman sesama pelaku perbankan Indonesia. (8globalita – Viga 801)

Follow beritanya di www.8globalita.com  link  www.8globalita.blogspot.com  link  @8globalita_801   link   @kk_viga    link   Facebook : Globalita Globalita