I BERANDA I NASIONAL I INTERNASIONAL I METROPOLITAN I POLHUKAM I SOSDIKBUD I EKOBIS I SLERA I OLAHRAGA I NEWSTV I

Senin, 25 Agustus 2014

Otomotif/Senin-25-8-2014/21:00-WIB/Ekspor Vios Capai 3.500 Unit Per Bulan


Senin 25 Agustus 2014 || 21 : 00 WIB
Kategori : Otomotif
Penulis   : Viga – 801

Ekspor Vios Capai 3.500 Unit Per Bulan

8Globalita – Jakarta, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) hari ini Senin (25/8/2014) mengumumkan peningkatan ekspor model sedan Vios yang menembus angka 3.500 perbulan dimulai sejak bulan Agustus 2014 ini. Peningkatan volume ekspor Vios memberikan kontribusi pertumbuhan ekspor kendaraan utuh (Complete Built-up Unit / CBU) bermerek Toyota  sebesar 18% per bulannya. Vios diekspor ke Unit Emirt Arab, Yordania, Bahrain, Lebanon, Qatar, Yaman, Saudi Arabia, Kuwait, Oman, Brunei dan Singapura.

Vios mulai diproduksi secara lokal di Pabrik Karawang II sejak bulan Desember 2013. Tiga bulan berselang, sedan buatan putra-putri Indonesia ini mulai diekspor dalam jumlah yang signifikan yaitu sebesar 1.500 unit per bulan ke negra-negara di kawasan Timur Tengah dan Asean. Product acceptance dari sisi kualitas prima, pengiriman yang tepat waktu, serta berdaya saing tinggi menjadi alasan utama peningkatan volume ekspor untuk kendaraan jenis sedan ini.

“Kualitas produk Toyota Indonesia telah teruji kehandalannya serta dapat diterima dengan baik, tidak hanya oleh konsumen di dalam negeri tetapi juga konsumen mancanegara. Kami sangat senang dan bangga bisa secara terus menerus mengupayakan peningkatan ekspor otomotif. Hal ini sejalan dengan semangat dan komitmen kami untuk dapat tumbuh dan berkembang dalam industri otomotif Indonesia,” ungkap Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN.

Sebelumnya, total volume kendaraan utuh bermerek Toyota adalah sejumlah 11.000 unit per bulan. Dengan adanya penambahan volume ekspor Vios, total volume ekspor kendaraan utuh bermerek Toyota menjadi 13.000 unit per bulan. Selain Vios, Toyota juga mengekspor Kijang Innova, Fortuner, Yaris, Avanza, Rush, Agya dan Town Ace serta Lite Ace.

Basis Produksi dan Ekspor
Untuk memperkuat posisi sebagai basis ekspor, TMMIN terus berupaya meningkatkan kinerja ekspor baik melalui peningkatan kualitas, daya saing termasuk dengan memperluas pasar atau negara tujuan.

“Untuk memperkuat posisi sebagai basis produksi kita tidak bisa mengandalkan pasar dalam negeri saja, oleh karena itu ekspor juga harus menjadi prioritas,” kata Presiden Direktur TMMIN, Masahiro Nonami.

Dalam empat tahun terakhir (2010 - 2013), kinerja Toyota Indonesia terus mengalami pertumbuhan siginifikan. Secara keseluruhan, ekspor mobil Toyota dalam bentuk CBU meningkat dari 55.796 unit pada 2010 menjadi 118.436 unit pada 2013 atau naik 112.27%

“Kami akan terus berupaya untuk selalu mencari peluang dalam mengembangkan kinerja ekspor Toyota sebagai bagian dari industri otomotif nasional”, ungkap I Made Dana Tangkas, Direktur TMMIN, di acara Media Gathering, di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (25/8/2014)

Performa ekspor Toyota di tahun 2014 menunjukkan angka yang stabil. Sepanjang bulan Januari hingga Juli 2014 volume CBU bermerek Toyota telah dieskpor sebanyak 78.872 unit dengan komposisi Kijang Innova 8.385 unit, Fortuner 27.866 unit, Vios dan Yaris 6.512 unit, Agya 5.472 unit, Avanza 21.668 unit, Rush 559 unit dan Town/Lite Ace 8.410 unit. Angka ini meningkat sebesar 13% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2013 yang berjumlah 69.861 unit.

Selain dalam bentuk CBU, Toyota juga mengeskpor kendaraan dalam bentuk terurai (Complete Knck Down/ CKD), mesin utuh dan komponen kendaraan. Volume ekspor CKD Toyota bulan Januari hingga Juli 2014 sebesar 24.490 unit. Sebanyak 29.756 unit mesin utuh diekspor sepanjang tahun 2014 hingga bulan Juli. Sedangkan ekspor komponen kendaraan mencatatkan volume sebesar 35,8 juta buah.

Total nilai ekspor Toyota di tahun 2014 hingga bulan Juli mencapai lebih dari USD 1 Milyar. Toyota memiliki lebih dari 70 negara tujuan ekspor yang tersebar di kawasan Asia-Pasifik, Timur Tengah, Amerika Latin, Karibia, Afrika dan Australia.

Upaya peningkatan Ekspor
Untuk bisa terus menerus meningkatkan kinerja ekspor, Warih menambahkan, TMMIN mengupayakan beberapa hal antara lain peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) demi menjaga standar kualitas global produk Toyota serta mendengarkan masukan konsumen.

Sesuai dengan semangat “Build people before build products”, Toyota menyadari bahwa karyawan adalah aset penting bagi perusahaan. Kualitas sumber daya manusia yang baik akan menghasilkan produk berkualitas prima. Toyota memiliki beberapa program unggulan dalam pengembangan SDM antara lain pertukaran karyawan antar sesama afiliasi Toyota, idea suggestion, Gugus Kendali Mutu (Quality Control Cycle/QCC), dan mengikutsertakan karyawan di ajang Kompetisi keahlian di tingkat nasional, regional dan internasional. Toyota juga memiliki fasilitas pelatihan terintegrasi untuk mendukung program pengembangan sumber daya manusia.

Dalam mendengar masukan konsumen, TMMIN selalu menjaga komunikasi yang baik dengan importir secara rutin dan berupa secepatnya merespon jika ada keluhan dari konsumen. “Kami melakukan kunjungan regular ke negara-negara importir untuk menangkap keinginan konsumen serta merespon dengan cepat keluhan konsumen”, tutup Warih.

Toyota sesuai dengan prinsip pendirinya berkomitmen untuk terus menerus tumbuh dan berkembang bersama masyarakat melalui peningkatan aktivitas produksi, ekspor, distribusi dan layanan pelanggan di Indonesia. Selain itu Toyota juga selalu mengembangkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan seiring dengan semangat untuk memberi sumbangsih secara nyata dalam pengembangan industri otomotif Indonesia.

Dikesempatan ini Toyota juga mengenalkan Teguh Trihono sebagai External Affair General Manager yang baru. Kelahiran 3 Juni 1966, jebolan Fakultas Ekonomi tahun 1990 Universitas Jenderal Sudirman.Facultas Ekonomi. Dan join dengan Toyota pada tahun yang sama. Teguh pernah menjabat sebagai General Manager of Export Imprt Division  di tahun 2012. (8globalita / Viga 801)

 Follow beritanya di www.8globalita.com  link  www.8globalita.blogspot.com  link  @8globalita_801   link   @kk_viga    link   Facebook : Globalita Globalita