I BERANDA I NASIONAL I INTERNASIONAL I METROPOLITAN I POLHUKAM I SOSDIKBUD I EKOBIS I SLERA I OLAHRAGA I NEWSTV I

Selasa, 16 September 2014

Film/Sel-16-9-2014/21:00-WIB/225 Film Internasional Banjiri Festival Film Perdamaian di Jakarta


Selasa 16 September 2014 || 21 : 00 WIB
Katgori : Film
Penulis  : 801

225 Film Internasional Banjiri Festival Film Perdamaian di Jakarta

8GlobaliTa – Jakarta, Peringatan perdamaian kembali disuarakan, kali ini melalui media film International Film Festival for Peace, Inspiration and Equality (IFFPIE) akan memulai Festivalnya di tahun ketiga, berawal dari Malam Penganugerahan di Planet Hollywood XXI tanggal 24 September 2014.

Sehubungan dengan ini, IFFPIE menggelar Konferensi Pers yang dilakukan di Restoran Rarampa, Jakarta Selatan. Dalam acara ini hadir Damien Dematra (Founder & Director IFFPIE), Jenderal Pol (Purn) Dai Bachtiar (Patron IFFPIE), Rudy Pesik (Patron IFFPIE), Ageng Kiwi (GAIB & IFCOM Festival), Lily Wahid (Patron IFFPIE), Raja Rizuan Ismaillah (Rumah Kreatif Indonesia Hebat, Malaysia) dan para artis pendukung GAIB (Gerakan Artis Indonesia Berpeduli), dan Feni Fasta (Universitas Mercu Buana).

Menurut Damien Dematra, festival ini diselenggarakan pada bulan September, sekaligus untuk merayakan Hari Perdamaian Sedunia yang jatuh tanggal 21 September. Peringatan perdamaian perlu disuarakan terus menerus. Hal ini merupakan tugas setiap anggota masyarakat.

Menurutnya, sebuah masyarakat dapat berkembang baik hanya saat masyarakat merasa damai dan aman. Ia menambahkan, bahwa Malam Penganugerahan tanggal 24 September 2014 nanti akan dihadiri oleh para nominator dari 15 negara.


Mereka sebelumnya telah dipilih, dari 225 film dari 60 negara peserta. Para film makkers akan menerima penghargaan Award of Excellence dan Award of Merit dari masing-masing kategori yaitu International Feature Films, Intenational Short Films, Documentary Feature dan Kategori New Comer. Disamping itu juga akan diumumkan film terbaik Festival tahun 2014.

IFFPIE adalah pnyelenggara festival film intenasioanal  yang memiliki visi menguatkan perdamaian lintas budaya, agama, suku, ras dan negara, memberi inspirasi, dan menyebarkan semangat persamaan hak melalui film.

Pada tahun ini, IFFPIE menggandeng dua festival, International Film Competition Festival (IFCOM Festival) yang melakukan kompetisi tahun pertama dan International Movie Award (IMA) yang melakukan Festival tahun ke-3-nya.

Adapun kriteria yang dicari dalam film-film pemenang adalah yang menyuguhkan sajian menarik dan menghibur, memberi inspirasi yang diproduksi dengan teknik mumpuni.

Film-fil pemenang festival-festival ini akan ditayangkan di pusat kebudayaan Perancis, Institut Francais Indonesia, mulai tanggal 30 September 2014 sampai dengan 8 Oktober 2014 tanpa dipungut biaya.

Ageng Kiwi, seniman, produser dan pemain film, yang didapuk sebagai ketua panita Intenational Film Competition Festival (IFCOM Festival) berujar bahwa festival film international ini sangat penting untuk digalakkan. Hal ini akan menguatkan citra perfilman nasional di mata dunia sebagai tuan tumah festival internasional, disamping meluaskan wadah bagi para sineas independen untuk berkreasi, bereksplorasi dan menyampaikan pesan mereka lewat media audio visual. (8globaliTa – 801)

Follow beritanya di www.8globalita.com  link  www.8globalita.blogspot.com  link  @8globalita_801   link   @kk_viga    link   Facebook : Globalita Globalita