I BERANDA I NASIONAL I INTERNASIONAL I METROPOLITAN I POLHUKAM I SOSDIKBUD I EKOBIS I SLERA I OLAHRAGA I NEWSTV I

Kamis, 08 Mei 2014

Wisata/Kamis-8-Mei-2014/23:40-wib/Lumba lumba Lahir Fluke Di Ocean Dream Samudra Ancol


Kamis, 8 Mei 2014 || 23 : 40 WIB
Kategori  : Wisata
Penulis    : Lrd Khalits

Lumba-lumba Lahir Fluke Di Ocean Dream Samudra Ancol

8Globalita – Jakarta, Kawasan Rekreasi dengan konsep edutainment dan konsevasi laut Ocean Dream Samudra Ancol sedang diliputi kabar bahagia. Lumba-Lumba berhasil berkembang Biak di Ocean Dream Samudera Ancol. Kawasan rekreasi yang juga menjadi kawasan konservasi ex-situ lumba-lumba (dolphinarium) tersebut membantu  prosesi kelahiran lumba-lumba yang bernama Puji pada 28 Maret 2014.

Lumba-lumba Puji yang dipasangkan dengan lumba-lumba Rio merupakan makhluk mamalia berhasil melahirkan bayinya secara normal setelah 13 bulan mengandung. Begitu tanda-tanda kehamilan mulai terdeteksi pada bulan Juli 2013, tim kesehatan hewan Ocean Dream Samudra, melakukan USG (Ultrasonography) dan terlihat janin bayi lumba-lumba sepanjang 18 cm.

Tanda-tanda kelahiran mulai muncul pada Maret 2014 dengan gejala-gejala antara lain berupa ketidakstabilan nafsu makan dan perilaku Puji yang semakin aktif seperti melompat-lompat di atas permukaan air. Hal tersebut merupakan indikator penting dalam mempersiapkan kelahiran lumba-lumba.

Tanggal 28 Maret 2014 lumba-lumba Puji mengalami kontraksi dan terlihat ekor bayi lumba-lumba keluar dari vagina. Berbeda dengan mamalia lainnya yang kelahiran normal dimulai dari kepala dahulu, kelahiran lumba-lumba dimulai dengan ekor dahulu atau yang biasa disebut dengan “fluke”.

Setelah kontraksi yang kuat sang induk melahirkana secara utuh bayi lumba-lumba. Air yang semula jernih berubah menjadi merah pekat bersamaan dengan lahirnya sang bayi. Dengan refleks bayi lumba-lumba berenang naik ke permukaan untuk menghirup nafas pertamanya. Sang induk dengan sigap menggiring sang bayi untuk berenang bersama mengitari kolam.

Pada pukul 13.20 bayi lumba-lumba teramati minum air susu dari induk. Hal ini sangat penting diamati karena bayi lumba-lumba mendapatkan kebutuhan cairan dan nutrisi hanya melalui air susu sang induk. Tim kesehatan hewan mengamati frekuensi dan lama proses induk menyusui bayi untuk mengantisipasi apabila bayi mengalami dehidrasi.

Untuk menjaga kesehatan, kebutuhan gizi, dan produksi air susu, induk mendapatkan makanan berupa ikan dengan kualitas terbaik dan juga mendapatkan multivitamin dan supplemen tambahan.

Ikan yang diberikan berupa ikan layang dan ikan kembung yang sebelumnya dilakukan kontrol kualitas oleh laboratorium. Setiap hari induk lumba-lumba dapat makan sebanyak 12 kg ikan. Supplemen tambahan seperti vitamin A, D, E, C, B kompleks, kalsium, dan mineral-mineral lainnya diberikan sehari 2 kali sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter hewan.

Ocean Dream Samudra adalah Theme Park ketiga yang dikembangkan oleh Ancol Taman Impian yang sebelumnya bernama Gelanggang Samudra. Samudra merupakan edutainment theme park bernuansa konservasi alam yang memberikan  pengalaman kepada pengunjung untuk mengenal lebih dekat dan menyayangi aneka satwa.

Ocean Dream Samudra juga menjadi konservasi ex-situ lumba-lumba (Dolphinarium) karena memiliki konsep dan manajemen lumba-lumba paling lengkap, meliputi berbagai unsur yang saling mendukung seperti kolam penampungan lumba-lumba, water treatment , trainer / keeper, pengadaan pakan dan supplemen yang berkualitas, laboratorium, paramedis, dan dokter hewan. (Lrd Khalits)