I BERANDA I NASIONAL I INTERNASIONAL I METROPOLITAN I POLHUKAM I SOSDIKBUD I EKOBIS I SLERA I OLAHRAGA I NEWSTV I

Rabu, 24 September 2014

Hankam/Rabu 24-9--2014/20:10 WIB/TNI Canangkan Gerakan Pembuatan Jutaan Lubang Resapan Biopori


Rabu 24 September 2014 || 20 : 10 WIB
Kategori : Hankam
Penulis   : Viga - 801

TNI Canangkan Gerakan Pembuatan Jutaan Lubang Resapan Biopori




8GlobaliTa – Jakarta, Panglima TNI Dr Moeldoko didampingi Kasad, Kasal, Kasau, Kasum TNI, Dansesko TNI, Para Asisten Panglima TNI, Pengurus IKKT dan Staf Kementerian Lingkungan Hidup mencanangkan gerakan TNI pembuatan berjuta-juta Lubang Resapan Biopori (LRB) di Lapangan GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Rabu (24/9/2014) dengan dimeriahkan oleh konser musik Iwan Fals dan Ully Sigar Rusady sebagai penggiat lingkungan hidup.

TNI menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan hidup di sektor masing-masing, maka TNI beserta jajaran satuan TNI di seluruh Indonesia dan masyarakat ingin memelopori pembuatan “berjuta-juta” Lubang Resapan Biopori (LRB) yang sngat mudah, dan manfaatnya sangt besar bagi tanah/bumi. Karena dengan adanya LRB selain akan menjaga resapan air yang masuk ke tanah/bumi juga akan menjadikan tanah di sekitarnya menjadi subur untuk kehidupan berbagai tumbuhan yang ada di sekelilingnya. Demikian disampaikan Kepala Puspen TNI, M Fuad Basya di kawasan Cilangkap – Jakarta Timur, Rabu (24/9/2014).

Pembuatan LRB di lingkungan TNI merupakan salah satu upaya untuk melestarikan lahan-lahan sekaligus sebagai contoh pembuatan LRB di seluruh Indonesia khususnya di lingkungan TNI. Upaya ini sangat bermanfaat untuk lingkungan, penghijauan serta pertanian karena kehidupan dan aktivitas mikroorganisme membuat tanah menjadi gembur dan subur.

LRB yang dibuat vertikal dengan kedalaman 1 – 1,5 meter, bertujuan untuk mempercepat dan meningkatkan daya resap tanah terhadap air. Sekaligus sebagai media perangsang terbentuknya biopori (rongga) tanah yang sangat dibutuhkan oleh kehidupan mikroorganisme dalam tanah.

Adapaun sasaran kegiatan ini adalah pertama, tercapainya pembuatan berjuta-juta LRB pada lahan-lahan di lingkungan TNI dan angkatan seperti TNI AD, TNI AL, dan TNI AU di seluruh Indonesia.

Kedua, tersosialisasinya cara-cara memelihara kesuburan tanah melalui pembuatan LRB secara nasional agar bermanfaat dan dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Ketiga, terlaksananya pembuatan LRB secara nasional oleh jajaran TNI di seluruh Indonesai dan terpecahkannya rekor MURI pembuatan LRB di lokasi terbanyak dan jumlah terbanyak.

Kegiatan pembuatan berjuta-juta Lubang Resapan Biopori (LRB) ini dimulai awal Agustus 2014 lalu dengan target 3.110.000 LRB pada lahan TNI di seluruh Indonesia dan hingga saat ini jumlah LRB yang berhasil dicapai sejumlah 10.311.981 LRB. Dan akan dilaksanakan secara terus menerus meskipun telah melampaui target. Kegiatan ini sebagai contoh sederhana yang baik, murah dan mudah untuk diterapkan di lingkungan masyarakat karena manfaatnya besar bagi lingkungan.

Pembuatan berjuta-juta LRB ini merupakan rangkaian kegiatan sosial kemasyarakatan dalam memeriahkan Peringatan ke-69 Hari TNI Tahun 2014 dengan tema “Bersama TNI LIngkungan Sehat Rakyat Sejahtera” yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Sampai dengan hari Rabu (24/9/2014) satuan TNI yang terbanyak membuat LRB adalah Kodam III/Siliwangi sebanyak 1.346.000, Kodam VII/Wirabuana sebanyak 1.304.190 LRB, Koopasau II Makassar sebanyak 1.061.841 LRB, Kodam IX/Udayana sebanyak 1.046.415 LRB, Kodam I/Bukit Barisan sebanyak 999.900 LRB dan Kodam IV/Diponegoro sebanyak 957.409 LRB. (8globaliTa – Viga 801).
 
Follow beritanya di www.8globalita.com  link  www.8globalita.blogspot.com  link  @8globalita_801   link   @kk_viga    link   Facebook : Globalita Globalita