Kamis 16 Oktober 2014 || 20 : 30 WIB
Kategori : Transportasi
Penulis : V. Dewa
Layani Penumpang, PT KCJ Pasang 960 Layar TV di KRL
8GlobaliTa – Jakarta,
Setelah sukses melakukan penyesuaian tarif, kini PT KAI Commuter Jabodetabek
(KSJ) memasang 960 Layar TV di KRL, dalam rangka memberikan pelayanan informasi
kepada penumpang.
PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) dari hari ke hari terus
meningkatkan pelayanan bagi pengguna kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek
dengan memberikan akses informasi yang lebih luas.
Para pengguna
kini dapat menyimak berbagai informasi real time terkait KRL dari layar yang
tersedia di dalam rangkaian kereta dan di sejumlah stasiun. Layanan informasi
bagi pengguna ini diberi nama Sistem Informasi Penumpang (SIP). SIP ini terdiri
dari instalasi layar di dalam kereta maupun giant screen di stasiun.
Pada acara peluncuran SIP dalam bentuk penerapan Layar TV di KRL
tersebut di hadiri Direktur PT KCJ Handoyo, Direktur TV, Makmur, Div.
Pemasangan TV, Kemal dan Div. Pelayanan
Informasi, Dwiyana yang di laksanakan di Stasiun Sudirman Jakarta, Rabu
(16/10/2014).
Pada rangkaian KRL, SIP menampilkan informasi terkait pelayanan
seperti posisi KRL, informasi real time apabila terjadi hambatan di lintas KRL,
himbauan tempat duduk prioritas, aturan keselamatan, dan tata tertib. Sementara
informasi dalam layar besar di stasiun dilengkapi dengan live feed dari akun
twitter dan facebook resmi PT KCJ. Selain informasi, SIP juga akan menampilkan
pariwara dari para mitra KCJ.
Hingga Desember 2014, SIP akan terpasang di 240 kereta dan tiga
stasiun. Dalam setiap kereta akan dipasang empat layar yang tersebar di dua
titik, sehingga akhir tahun nanti akan ada 960 layar yang dapat pengguna lihat
di dalam kereta.
Untuk SIP di stasiun, sudah dapat diakses pengguna di stasiun
Cikini dan Sudirman. Program SIP ini melengkapi kehadairan layanan informasi
posisi dan jadwal KRL melalui aplikasi “infoKRL” yang telah diunduh lebih dari
10.000 pengguna Android dan Blackberry.
Selain memperluas akses informasi, PT KCJ terus meningkatkan
layanan bagi pengguna KRL dari berbagai aspek. Sejak berdiri enam tahun lalu, PT
KCJ telah membeli sebanyak 644 unit kereta. Penambahan sarana ini membuat
jumlah perjalanan KRL juga terus bertambah, sehingga kini mencapai 678
perjalanan setiap harinya. Jumlah ini bertambah hampir dua kali lipat
dibandingkan sebelumnya.
PT KCJ juga telah menambah jumlah gate untuk e-ticketing, serta
mengembangkan sistemnya hingga semakin memudahkan pengguna. Di staisun kini
juga terdapat petugas pelayanan yang siap membantu pengguna dan menampung
berbagai masukan maupun saran.
Seluruh pengembangan ini merupakan upaya KCJ untuk memberikan
pelayanan yang lebih baik bagi penggunanya, dan mencapai target melayani 1,2
juta penumpang setiap harinya pada tahun 2018. (8globaliTa – V. Dewa)
Follow beritanya di www.8globalita.com
link www.8globalita.blogspot.com
link @8globalita_801 link
@kk_viga link Facebook : Globalita Globalita