I BERANDA I NASIONAL I INTERNASIONAL I METROPOLITAN I POLHUKAM I SOSDIKBUD I EKOBIS I SLERA I OLAHRAGA I NEWSTV I

Rabu, 03 Desember 2014

Ekbis/Rab-3-Des-2014/20:13-WIB/Supermal Karawaci Lakukan Simulasi Evakuasi Bencana


Rabu 3 Desember 2014 || 20 : 13 WIB
Kategori : Ekbis
Penulis   : Viga – 801

Supermal Karawaci Lakukan Simulasi Evakuasi Bencana


8GlobaliTa – Jakarta, Memperingati hari jadinya yang ke-19, Supermal Karawaci melaksanakan simulasi evakuasi bencana. Kebakaran adalah salah satu bencana yang tidak bisa dihindari, efek dan dampaknya bisa mempengaruhi kehidupan sekitar. Untuk itu Supermal Karawaci menyelenggarakan evacuation drill atau simulasi evakuasi bencana kebakaran, Rabu  3 Desember 2014, sebagai salah satu bekal untuk menghadapi bencana jika sampai terjadi suatu saat nanti itu.

Simulasi evakuasi bencana dilaksanakan dengan perencanaan tapi tidak diberitahukan kepada karyawan maupun pengunjung Supermalam evakuasi memberi pengarahan tentang yang harus dilakukan para pengunjung dan karyawan yang ada di Supermal Karawaci dengan mengenali tanda, yaitu jika mendengar pengumuman bencana kebakaran dari sentral dan memberi pengenalan tentang dua jenis sirine bahaya. Dua jenis sirine berbahaya yang harus dikenali adalah, sirine putus-putus yang berarti siaga dan bunyi sirine panjang yang berarti saatnya evakuasi.l Karawaci. Saat simulasi, Petugas Savety dan karyawan yang diberi tanggung jawab da

Saat evakuasi, semua pengunjung dan karyawan di dalam gedung Supermal Karawaci wajib berjalan menyusuri jalur evakuasi untuk kemudian berkumpul di Assembly Point yang sudah ditentukan sebelumnya. Adapun jalur evakuasi dari tangga 1 menuju lantai dasar sudah terpasang jelas di setiap lorong.

Saat dilakukan simulasi, diawali dengan ‘pengumuman, telah terjadi kebakaran di salah satu area Suparmal Karawaci. Para pengunjung dan karyawan harap mempersiapkan diri’. Demikian salah satu petikan dari pengumuman yang disiarkan oleh petugas Customer Service.

Semua kegiatan di dalam Gedung Supermal Karawaci berhenti dan semua pengunjung mulai waspada mendengar sirine yang akan dibunyikan. Tepat saat sirine berbunyi panjang, semua pengunjung dan karyawan mulai meninggalkan dalam gedung dan berjalan dengan tenang tapi cepat melangkah menuruni tangga di jalur sebelah kanan, karena jalur kiri diperuntukkan bagi tenaga medis atau darurat bencana untuk membawa yang terluka.

Demi kesuksesan acara ini, seluruh karyawan dan pengunjung Supermal Karawaci tak mengetahui bahwa dalam sumulasi ini telah disusun beberapa skenario bencana yang mendebarkan.

Melalui latihan evakuasi ini, seluruh karyawan dan pengunjung bisa memahami satu hal bahwa bencana kadang tak pernah dapat diduga kapan datangnya. Setiap upaya evakuasi bertujuan mengutamakan menyelematkan jiwa, sehingga karyawan dan pengunjung dibekali pengetahuan yang cukup bagaimana harus bertindak untuk tetap tidak panik saat menghadapi bencana.

Melalui latihan ini pengunjung diajak untuk belajar tidak bersikap egois dan mementingkan diri sendiri, namun sebaliknya memiliki hati yang peduli terhadap sesama dan leingkungan di sekitarnya.

Acara simulasi evakuasi bencana kebakaran ini merupakan bagian dari momen Ulang Tahun Supermal Karawaci ke-19 dan bagian dari proses waspada terhadap bencana yang bisa terjadi kapanpun. (8globalita – Viga / 801).

Follow beritanya di www.8globalita.com  link  www.8globalita.blogspot.com  link  @8globalita_801   link   @kk_viga    link   Facebook : Globalita Globalita