I BERANDA I NASIONAL I INTERNASIONAL I METROPOLITAN I POLHUKAM I SOSDIKBUD I EKOBIS I SLERA I OLAHRAGA I NEWSTV I

Kamis, 05 Maret 2015

Film/Kamis-5-3-2015/21:14-WIB/Insan Film Siapkan Film And Art Celebration 2015


Kamis 5 Maret 2015 || 21 : 14 WIB
Kategori : Film
Penulis   : Viga - 801

Insan Film Siapkan Film And Art Celebration 2015


8GlobaliTa – Jakarta, Masyarakat Film Indonesia yang mempunya tanggal khusus setiap 30 Maret menyiapkan acara film and Art Selebration (FILARTC) 2015, untuk merayakan perjalanan film nasional sepanjang tahun. Hari Film Nasional merupakan momentum yang tepat bagi penggiat perfilaman tanah air untuk melihat dan mengkaji kembali sejauh mana pencapaian yang telah dicapai.

Pada tahun ini, masyarakat Film Indonesia yang terdiri dari APROFI (Asosiasi Produser Film Indonesia), Dewan Kesenian Jakarta, Kineforum dan Asosiasi Perfilman, Komunitas Film dan penggiat perfilman menyelenggarakan acara film and Art Celebration (FILARTC) tanggal 27-29 Maret 2015 di Taman Ismail Marzuki (TIM).

Selain sebagai etalase industri perfilman Indonesia, FILARTC 2015 merupakan meeting point berbagai pemangku kepentingan perfilman tanah air untuk mencari solusi konkret permasalahan dan tantangan yang tengah dihadapi. FILARTC yang dikemas dalam bentuk Fil Celebration akan menjadi kegiatan yang tergolong baru dilaksanakan di Jakarta. berbagai elemen pendukung dalam karya film mendapatkan posisi terhormat selama kegiatan FILARTC berlangsung.

“Dalam kegiatan ini, pecinta film Indonesia akan disuguhi berbagai kegiatan menarik seperti pemutaran film, seminar, seni pertunjukkan, pameran fotografi, poster, make up effect, kostum, musik hingga bazaar", jelas Leni Lolang selaku Ketua Panitia yang juga Pengurus Aprofi, pada acara jumpa pers Masyarakat Film siapkan acara Film and Art Celebration (FILARTC) 2015 di Jakarta (5/3/2015).

Target pengunjung dalam FILARTC 2015 bukan semata pecinta film saja, tetapi juga pelajar, pekerja seni, budayawan, penikmat seni hingga masyarakat umum lainnya. Guna menjaring jumlah pengunjung, masyarakat tidak dipungut biaya masuk selama tiga hari acara berlangsung.

FILARTC diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan apresiasi masyarakat Indonesia terhadap film Indonesia. Apresiasi publik dan political will pemerintah dalam mendukung film nasional merupakan tantangan bagi para pelaku perfilman tanah air.

Masih rendahnya apresiasi publik terhadap karya anak bangsa dapat dilihat dari jumlah penonton yang fluktuatif sampai saat ini. sementara peran pemerintah dirasakan masih kurang optimal dalam membuat kebijakan yang mendorong pertumbuhan film Indonesia.

FILARTC 2015 yang berlokasi di kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM) akan menjadi agenda tahunan yang dilaksnakan oleh masyarakat perfilman. Pada penyelenggaraan tahun ini akan diputar beberapa film besar yang merupakan milestone dan sejarah perwakilan dari generasi perfilman Indonesia, yaitu Darah dan Doa, Lewat Jam Malam, Tjoet Nya’ Dhien, Bibir Mer, Cinta Dalam Sepotong Roti, Ayat-ayat Cinta, Kuldesak, Laskar Pelangi, Ca Bau Kan dan Cahaya dari Timur.

Sementara beberapa musisi yang akan mengisi antara lain Bondan, NEO, TOR, Matajiwa, P.A.L.L.O, Endah dan Resha,Pandai Besi, Amanda, Bonita and The Husband, Iman Fatah Sonic Montage, Rika Roeslan dan Vicky Sianipar. Sedangkan beberapa nama pengisi FILARTC Film Forum antara lain Triawan Munaf, Anies Baswedan, Rudiantara, Sheila Timothy, Kemala Atmodjo, Philip Cheah, David Hanan dan sebagainya. (8globaliTa – Lrd 801).

Follow beritanya di www.8globalita.com  link  www.8globalita.blogspot.com  link  @8globalita_801   link   @kk_viga    link   Facebook : Globalita Globalita